02 - TURKEY

Column of Constantine - Istanbul

21  November 2013

Column of Constantine


Bentuk Asli Column of Constantine

Column of Constantine (Turki: Çemberlitaş Sütunu) adalah kolom monumental Romawi yang dibangun atas perintah Kaisar Romawi Konstantinus Agung pada tahun 330. Kolom ini dibangun untuk memperingati deklarasi Byzantium yang isinya adalah ibu kota Kekaisaran Romawi di Roma pindah ke Kostantinopel, dan konstantinopel dikenal namanya menjadi Nova Roma (New Rome) sebagai ibukota baru.


Kolom ini terletak di Yeniceriler Caddesi,  Çemberlitaş , di pusat kota Istanbul, di sekitar jalan Divanyolu antara Sultanahmet dan Beyazıt Square. Posisi monument ini di dekat stasiun Tram Çemberlitaş,  satu stasiun setelah Sultanahmet.
Di masa Konstantin, kolom yang tingginya 50 meter ini berada di pusat Forum Constantine (sekarang dikenal sebagai Çemberlitaş Square). Puncak dari kolom ini ada patung Konstantin dan tahun 1106 terjadi badai  yang menyebabkan patung dan tiga silinder di atas kolom jatuh.
Kemudian, gempa bumi dan kebakaran pada tahun 1779 menghancurkan lingkungan sekitar kolom dan meninggalkan tanda hangus hitam pada kolom tersebut, sehingga kolom tersebut dikenal juga denga nama "Burnt Colomn". Pada  tahun 1779, dasar kolom diperkuat. Saat ini, tinggi kolom adalah 35 meter dan pada tahun 1972 tiang yang retak akibat kebakaran tersebut diperbaiki dengan cara diselimuti metal.

Di depan Column of Constantine ada lapangan tempat orang duduk-duduk dan tempat parkir mobil. Kita duduk duduk disini sambil liat orang lalu lalang, lihat penjual makanan merpati dan nemenin anak-anak belajar.

Area  Çemberlitaş juga ada hamami, namanya Çemberlitaş Hamami yang arsiteknya adalah Mimar Sinan pada tahun 1584. Hamam ini didirikan oleh Nurbanu Sultan, istri Selim II dan ibu dari Murat III, dengan tujuan mendatangkan pendapatan untuk membangun Kompleks Valide-i Atik Charity di Toptasi, Üsküdar.
Çemberlitaş Hamami

Atik Ali Pasha Mosque.
           Di sebelah Column of Constantine, ada sebuah masjid yang bernama Atik Ali Pasha Mosque. Tidak hanya masjid, tapi Atik Ali Pasha juga merupakan salah satu social complex tertua yang dibuat oleh Ottoman. Dibangun oleh Atik Ali Pasha pada tahun 1496, yang isinya ada masjid, madrasah dan kuburan. Dulunya ada tempat peristirahatan kafilah pedagang (caravanserai), dapur umum (imaret), dan pemondokan (lodge), namun tidak ada yang terselamatkan. Posisi madrasah adalah di seberang masjid.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.