02 - TURKEY

The İstanbul Toy Museum

Sabtu, 9 November 2013


The İstanbul Toy Museum


The İstanbul Toy Museum (Turkish: İstanbul Oyuncak Müzesi) adalah museum mainan yang berlokasi di sebuah rumah kayu bercat putih di Göztepe - Kadıköy - İstanbul, Turkey. Museum ini terdiri dari empat lantai. Tiket masuknya YTL 10 (dewasa) dan YTL 7 (anak)

Museum ini didirikan oleh penulis puisi dan novelis berkebangsaan Turki, yaitu Sunay Akın. Dibuka pada tanggal 23 April 2005 bertepatan dengan hari libur nasional yaitu Hari Anak. Interior museum ini dirancang oleh Ayhan Dogan dimana setiap ruangannya memiliki desain yang berbeda-beda, misal : gallery permainan angkasa luar desain langit-langitnya bertaburan bintang yang bersinar.


Lucuuuuuu banget. Gue jadi bernostalgia liat mainan-mainan di sana. Mainan boneka plastik, kelinci lompat, permen, kubus abjad, dan lain sebagainya.
Orang yang ngumpulin semua mainan ini rajiiiiin banget. Sampai kadang kardus dan keterangannya aja ngga dibuang. Pokoknya sampai semua bletrak bletruk disimpen di rumah itu.




Ternyata, Istanbul Toy Museum memiliki 4.000 mainan milik pribadi Sunay Akin. Beliau mengumpulkan semua mainan ini dari Turki dan Negara-negara yang lain, seperti Jepang, USA, Jerman, dll. Di dalamnya juga terdapat koleksi miniature violin dari Prancis yang berasal dari tahun 1817, boneka teddy yang pertama, koleksi boneka porcelain dan mainan kaleng. Kalau diperhatikan, banyak mainan kaleng dari Jepang yang bisa bergerak pakai tenaga baterai. Ruangan yang paling gw seneng adalah ruangan mainan porcelain, yaaaa ampiuuuun, mainannya cakeppp banget. Detail, kecil-kecil, dan cantik. Beneran miniature yang sesuai dengan aslinya. Ada juga mainan jaman dulu yang sebesar korek api. Waaah hebat banget deh yang bikinnya. Mainan yang dipamerkan di museum ini banyak mainan antik yang usianya mencapai hampir 200 tahun. Lantai pertama dari museum ini, dulunya adalah toko mainan di Eyüp yang telah ditutup pada tahun 1950.
Miniature Butcher
 Jam Buka Museum 
- weekdays 9:30-18:00
- weekends 9:30-19:00
Hari Senin tutup
Alamat Museum :
Ömerpaşa Caddesi, Dr. Zeki Zeren Sokak 17
Göztepe-Kadıköy
Istanbul



About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.