02 - TURKEY

Bosphorus Tour

26 Februari 2010


Bosphorus Tour


Hari ini kita mau tour di Selat Bosphorus. Kemarin kita liat ada spanduk Bogaz Turu (Bosphorus Tour) di Eminonu. Sepertinya seru juga,  TL 9/person – anak usia 7 tahun gratis. Akhirnya kita pilih yang ini.

Bosphorus Tour mulainya dari Eminonu menuju Laut Hitam. Kita menyusuri selat dan melewati beberapa tempat seperti Istana Dolmabahce, Istana Beylerbeyi, Rumeli Hisar, Ciragan Place, Restauran/Hotel pinggir selat, dan rumah orang-orang kaya Turki. Nice View. 
Istana Dolmabahce

Kita melintasi Istana Dolmabahce (Europe) yang merupakan istana Sultan yang dibangun pada tahun 1843. Gaya rumahnya Neo-Baroque. Sebelum di Dolmabahce, istana sultan adalah di Topkapi tapi karena menurutnya sudah old-fashion maka Sultan bikin rumah baru yang lebih modern. Istana ini terdiri dari 3 lantai, 285 ruangan, 43 halls, 6 Turkish Bath. Istana ini masih digunakan oleh sultan sampai dengan masa sebelum Turki berubah menjadi republic. Istana ini juga digunakan oleh Mustafa Kemal Ataturk sewaktu berkunjung ke Istanbul dan beliau meninggal di rumah ini. Tempat ini sekarang sudah berubah menjadi museum. 


Dolmabahce Mosque

Ini adalah foto Dolmabahce Mosque. Lokasinya di bagian selatan Dolmabahce Palace. Bangunan ini dibangun pada masa Abdulmecid pada tahun 1855. Arsiteknya adalah Karabet Balyan dengan gaya Baroque. Jendelanya berbentuk melingkar seperti bulu merak.  
Ciragan Palace


Kita melewati Ciragan Palace. Bangunan ini adalah Ottoman Place dimana banyak taman-taman bunga Tulipnya.  Bangunan ini dibangun pada masa Abdulmecit dengan Serkis Balyan sebagai arsiteknya. Bangunan ini adalah bangunan yang terakhir dibangun oleh Kerajaan Ottoman. Tahun 1910, bangunan utamanya sempat dibakar namun sekarang sudah diperbaiki. Disebelahnya sudah dibangun hotel Kempinski dan sisa bangunan yang selamat sudah dijadikan sekolah.


Istana Beylerbeyi

Selanjutnya kapal menuju ke Anatolia,  kita melewati Istana Beylerbeyi. Istana ini adalah summer palacenya sultan kalau dia sedang berada di benua Asia (Anatolia). Dibangun pada tahun 1861 dengan gaya neo-baroque yang sama dengan Istana Dolmabahce dan Ciragan. Rumah ini terdiri dari 3 pintu masuk, 6 state room, dan 26 smaller room. Beylerbeyi berada di Uskudar dekat intercontinental bridge.


Jembatan Intercontinent (Bosphorus Bridge)


Rumeli Hisar


Di dekat jembatan intercontinent ke-2 (Fatih Sultan Mehmet Bridge),  kita melewati Rumeli Hisar. Rumeli Hisar adalah benteng pertahanan Istanbul. Benteng ini terdiri dari 3 menara utama dan 13 menara kecil. Merupakan pusat kekuatan Ottoman di kota Istanbul yang dibangun pada tahun 1452 atas perintah Sultan Mehmed II. Terdapat gudang senjata, tempat penyimpanan makanan, masjid, dan rumah kayu untuk para prajurit. Sekarang sudah berubah fungsi menjadi museum dan pusat budaya.


Selanjutnya, kita melintas rumah-rumah cantik di pinggir Selat Bosphorus. Nice House ..



Setelah satu jam kita menyusuri Selat bosphorus yang berada di antara Laut Marmara dan Laut Hitam serta berada di antara Benua Eropa dan Asia akhirnya kita kembali lagi ke Eminonu.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.