02 - TURKEY

Topkapi - Istanbul

27 Februari 2010


Pintu Gerbang Topkapi


Hari ini mau ke Museum Topkapi di daerah Sultanahmet. Berangkat jam 10.30, langsung menuju Eminonu. Dari Eminonu naik tram menuju pemberhentian Sultanahmet. Dari pemberhentian, tinggal jalan kaki aja. Topkapi posisinya di sebelah Hagya Sophia. Topkapi, awalnya adalah istana Kerajan Ottoman yang dibuat oleh Sultan Mehmet, tetapi karena sudah tidak digunakan maka beralih fungsi menjadi museum. 



Halaman Topkapi
Di ruangan pertama kita lihat bermacam-macam kunci ka’bah dan 2 talang air Ka’bah yang berlapis emas. Ruangan selanjutnya, banyak koleksi pedang sahabat nabi seperti pedang Amar bin Yassir, Pedang Jafar, Pedang Nabi Daud AS dan manuskrip dari tembaga yang isinya menceritakan tentang pedang Nabi Daud tersebut, Tongkat Nabi Musa (wooooow … This is amazing !! Koq bisa ketemu ya ? Tongkat yang membelah laut Merah dan berubah menjadi ular) Tongkatnya dari kayu yang tidak terlalu lurus dan tidak melebihi ukuran badan manusia. Ujungnya bercabang 2. Ada juga mangkuk yang biasa digunakan oleh Nabi Ibrahim, Sorbannya Nabi Yunus, dan Footprint Nabi Muhammad SAW.  Amazing Treasury.

Tongkat Nabi Musa


Footprint Nabi Muhammad


Di ruangan selanjutnya, kita menuju ruangan pedang Nabi Muhammad. Ada 2 pedang dan 2 busur. Awalnya pedang tersebut biasa aja tetapi oleh Kerajaan Ottoman, pedang tersebut dihiasi oleh batu-batuan dan logam mulia. Bagusssss banget !! Dari ujung ke ujung dilapisi emas dan penuh dengan taburan batu-batuan yang berwarna-warni. Disebelah pedang Nabi Muhammad juga ada pedang ke-4 sahabat Nabi : Pedang Abu Bakar As Shidiq RA, Pedang Utsman bin Affan RA, Pedang Umar bin Khattab RA dan Pedang Ali bin Abu Thalib RA. Disana juga ada janggut nabi dengan tempat-tempat yang dibuat dari emas, stempel nabi, dan tempat gigi nabi yang juga dibuat dari emas. Tempat-tempat ini dibuat oleh Kerajaan Ottoman. Bahkan peti untuk menyimpan jubah rasul pun dibuat dari logam-logam yang bagus, diukir, dan dihias.

Tongkat Nabi Muhammad
Beres dari ruangan pameran peninggalan Nabi-Nabi, kita menuju ruangan pameran Treasury Of Turkey. Disini banyak medali-medali yang diberikan dari negara-negara sahabat Turki. Seperti dari Raja Rusia Nikolai, hadiahnya berupa mangkuk berbentuk lonjong dari batu Jade yang pegangannya dihias dengan emas dan batu-batuan. Yang merancang hadiah ini adalah Faberge. Selain itu banyak juga hadiah medali dari Queen Victoria Inggris, medalinya ngga sembarangan tapi dihias dengan batu mulia dan bentuknya juga besar. Ada juga Topkapi Dagger yang dibalut emas dan ditaburi dengan diamond – pegangannya ditaburi dengan 3 batu emerald yang super besar.

Topkapi Dagger
Ada satu treasury yang bikin semua orang pada berdecak, Diamond 86 karat !  “The Kasikci Diamond” . Penjagaannya juga ketat. Kalau di ruangan lain cukup dengan camera aja. Sedangkan penjagaan untuk berlian ini, ada camera, penjaga tersendiri, dan jarak antara pengunjung dan berlian sekitar 1 meter. 


The Kasikci Diamond


Setelah lihat treasury kerajaan, kita lanjut ke ruangan yang isinya baju-baju sultan, keranjang bayi sultan yang dibuat dari emas juga, mangkuk emas, cup holder dari emas dan batu-batuan, dll.

Sayangnya kita dilarang menggunakan camera di ruangan-ruangan ini. Jadi foto-foto diatas semuanya diambil dari internet.  Pokoknya kalau ke Turki, tempat ini adalah yang wajib dikunjungi.


About HappyFeet

2 komentar:

Diberdayakan oleh Blogger.