02 - TURKEY

Grand Bazaar (Kapali Carsi) - Istanbul

27 November 2013

Grand Bazaar (Kapali Carsi) - Beyazit Kapisi


Hari ini anak-anak tinggal sama akinya, karena kalau diajak juga pasti pada proteeesss  hehehe. Aku sama mama mau pergi ke Grand Bazaar. Rencananya sekalian mau coba Marmaray dan berhenti di Sirkeci Station trus lanjut naik tram ke Beyazit. But … omg …. Sirkeci Station belum jadiiiiiii … akhirnya kita bolak balik di Marmaray sampai 4 balikan. Hahaha. Bingung mau berhenti dimana. Uskudar – Yenikapi – Uskudar – Yenikapi untungan ngga usah bayar lagi asalkan kita ngga keluar dari station. Lucu juga pikir-pikir … bolak balik lewat dasar laut Marmara 4X. Kurang kerjaan hehehe.  Akhirnya kita berhenti di Yenikapi dan jalaaaaan cari tram yang terdekat buat lanjut ke Beyazit. Akhirnya sampeeee deh di Beyazit Station dimana di depannya adalah Grand Bazaar.

Sahaflar Carsisi


Sebelum kita ke Grand Bazaar, kita cari masjid dulu secara belum sholat Dhuhur. Muteeeer muter kita di Beyazit untuk cari pintu masuk masjidnya. Ternyata … hiks hiks … masjid Beyazit lagi di renovasi. Pantesaaaan susah banget cari  jalan masuknya. Hadeeewh deh mana jalannya muter. Akhirnya malah kita nemu, pertokoan buku bekas. Kalau di Bandung, Palasari nya deh. Versi Istanbul namanya Sahaflar Carsisi. Letaknya di dekat Fesciler Gate (salah satu pintu masuk ke Grand Bazaar) sebelah Beyazit Mosque. Disini, selain dijual buku bekas, dijual juga manuscript yang berharga dan miniature books. Akhirnya, setelah liat-liat sepintas kita keluar lagi dari Sahaflar Carsisi untuk cari masjid. Ternyata ada juga masjid kecil di luar Grand Bazaar. Memang kalau lihat di peta Grand Bazaar, ada 5 masjid siih. Hanya yaaa itu, ngga tau satu pun persisnya dimana.


Next, setelah kewajiban selesai baru kita makan siang di depan Beyazit Station. Tapi cukup sekali deeeh … rasanya kita dipalak. Makanannya ngga enak, dingin dan sangat mahal. Harga seperti restaurant fancy tapi kualitas pinggir jalan yang ngga enak. Weew … untung masih dapet jatah dibayarin kantor kalau bayar sendiri gue bisa bete. Ngga kenyang karena porsinya sangat sedikit dan portakal juice nya udah ngga seger lagi.
Grand Bazaar …. Pasar tertua dan pasar tertutup terbesar di dunia. Kwereeeeen … dibuat pada tahun 1461 di pusat kota Istanbul. Kalau jalan-jalan di pasar ini harus hati-hati, kalau ngga kita bisa nyasar, karena jalannya seperti labiirin. Dii Grand Bazaar ada 60 jalan, 3600 toko, dan luasnya sekitar 30.700 m2. Jalan utama di Grand Bazaar menjual berbagai macam perhiasan. Penjual di grand bazaar adalah keluarga yang turun temurun menjual dagangan yang spesifik, misal : perhiasan, garment, senjata, barang antik. Gwedeeee banget memang Grand Bazaar. Ngga bakal keputer dalam satu hari. Alhamdulillah … kita ketemu dengan toko souvenir yang bersahabat dan kita menenteng banyak souvenir dari sana, plus karpet kecil dan handuk serat bamboo.


About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.