02 - TURKEY

Journey To Bursa - Turkey

Selasa, 3 Desember 2013

Today .. Kita rencana mau ke Bursa - Turkey pakai Ferrybout IDO. Itinerary sudah disusun. Barang sudah di packing … Off We Go. Jam 9, kita naik taxi dari Camlica ke Kadikoy - IDO YTL 13. Wiiiih dingin ... 9 derajat Celcius saja. Ehhhh ... Sampe di IDO ternyata kapalnya iptal alias cancel. Whuaaaa ... Cuaca buruk katanya. Ya wisss ... Minta balikin duit ticket dan kita cari alternatif transportasi lain ke Bursa.

Bus Nilufer

Dari IDO, sekitar 400 mt jalan kaki menuju pemesanan bus luar kota. Kita pilih Nilufer. Alhamdulillah ... Ada tiket kosong dan ngga berapa lama pun kita di jemput sama shuttle bus menuju pemberhentian bus Nilufer. Tiket to Bursa @22 ytl. Perjalananan sekitar 3 jam. Lebih mahal siiiiy … tapi yaa bagaimana lagi secara hotel di Bursa sudah dipesan. Sayang kalau ngga dipakai

Sekitar sejam kita sampai ke Gebze. Dari sana kita nyebrang pakai kapal laut. Subhanallah ... Banyak buruuuuuung. Burung-burung disini lebih berani daripada burung-burung di selat Bosphorus. Penuh di atas kepala. Gwede2. Bagus bangettt. Take a pics dan langsung masuk cabin. Dingiiiin bangettt …

Setelah itu, kita melanjutkan perjalanan lagi menuju Bursa. Di Bursa, kita didrop di Bursa Buyuksehir Belediyesi, pusat bus station dari dan keluar kota Bursa. Tempatnya besar dan di dalamnya banyak kantor cabang bus-bus yang beroperasi dari dan ke kota Bursa. Kita sekalian aja pesan tiket pulang biar ngga repot. Harga tiket menuju Istanbul pakai bus Nilufer disini lebih murah sedikit @ 20 ytl/orang. Lumayaaan deh 

Bursa Buyuksehir Belediyesi

Dari station menuju hotel Alhas pakai taxi @25 ytl. Hotel Alhas yaa lumayan deh, sederhana, dan murah juga tapi agak jauh dengan old city centre.  Tarif hotel 2 malam buat kita berlima 420 ytl. Satu kamar lima kasur single plus 1 kamar mandi dan 1 lemari. heheheh …. Padedet …. tapi yaaa lumayan deh. Toh hanya buat numpang tidur doang. Dapet breakfast, wifi,  dan bisa call untuk minta teh dan jus gratis.
Ivazpasa Carsisi

Beres simpen barang di Alhas kita lanjut jalan kaki cari restaurant buat makan siang yang kesiangan. Pk. 15.30 belum maksi. Beres maksi trus kita lanjut jalan Koza Han. Dalam perjalanan menuju Koza Han kita lewat Ivazpasa Carsisi.
Koza Han yang artinya “silk cocoon market" terletak di Koza Park, Ataturk Avenue dimana banyak café-café dibawahnya. Koza Han dibangun pada tahun 1491 oleh Sultan Beyazit II. Dulunya adalah caravanserai dan juga pasar sutera (silk market) karena Bursa adalah pemberhentian terakhir pada jalur sutera dari China. Aku beli pashimana pure wool dan buat anak2 juga pashmina warna pink pucat dan warna warni dr benang wool.

Pulang dari Koza Han ...kita ke Mall Zafer yang bentuknya pyramid. Kita menghangatkan  disana sekalian makan malam. Di Bursa kita coba makanan baru, Artichoke … hehehe aneh rasanya. Tapiii lumayan deh masuk ke perut.  Dari depan mall kelihatan lampu-lampu dari Tophane. Nice view …

Koza Han

Inside Koza Han

Zafer Plaza

Rabu, 4 Desember 2013
Pagi ini kita breakfast di hotel .. Yaaa lumayan ada roti isi salami, telur rebus, cereal dan salad. Minumnya teh dan jus. Kenyang juga ....
Today, we're going to Uludag Mountain. Yeepee

Sultanantkapi

Untungan browsing dulu jadi ngga kena harga mahal. Dari hotel bilang taxi sekitar 400 ytl pp. Kalau taxi seberang jalan bilang 200 ytl pp. Alhamdulillah kita berlima hanya 100 ytl pp naik dolmus di sebelah Sultanantkapi (wall) ... Sekali jalan setiap orang feenya YTL 10.
Enak juga dolmusnya, isinya hanya 8 orang dan di tengah jalan ngangkut lagi 2 orang.
Perjalanan ke atas gunung sekitar 50 menit. Nanjaaaak terus ... Pemandangan ke bawah gunung adalah  lembah kota Bursa. Baguuussss kota yang dibingkai gunung dan langit. Setelah itu kiri kanan pohon pinus. Jalanan pun berkelok kelok karena cukup terjal. Akhirnya gundukkan salju pun keliatan. Amazing .... White.

Pemberhentian kita namanya Otteler. All white kalau disini. Waaaah ... Cenghar deh anak-anak. Seneng banget ... Foto-fotoan deh kita akhirnya.  Sweaaar .. Pakaian kita ngga pas banget. Kaki kedinginan plus sepatu licin. Kaus tangan paroan sama Abel. Jari beku. Hihihi. Waaah deh .... Tapi puas deh foto-fotoan dan beres itu kita masuk resto buat minum teh panas dan makan siang. Restonya mahal juga dan porsinya pun sedikit.

Anak anak belum puas main di Uludag, tapi kita udah ditunggu sama supir dolmus. Halaaagh deh. Padahal mah santai da ... Hanya karena dia kurang penumpang ajaaa jadi nungguin kita. Kita jadi berasa ditungguin gitu akhirnya ... Ya wisss memang harus turun gunung juga kali. Masih banyak yang mau di eksplore ...

Dari sultanatkapi, kita jalan ke Balibey Han. Lucu-lucu toko di Balibey Han.  ... Pictureque banget :) Han adalah istilah untuk sebuah penginapan pada jaman Ottoman atau Seljuk. Banyak han bersejarah yang terdapat di Bursa, salah satunya Balibey Han. Saat ini, satupun tidak beroperasi lagi sebagai penginapan namun sudah dialih fungsikan sebagai toko-toko, café, restaurant dengan taman.

Balibey Han ini adalah penginapan pertama yang berlantai tiga. Kalau melihat struktur bangunannya, Balibey Han sangat unik karena penginapan tersebut berada diantara 2 jalan yang mana jalan yang satu posisinya lebih atas (menjadi lantai 3) dan jalan lain yang lebih bawah bersambung dengan lantai 1 dari penginapan tersebut. Pada masa lampau, banyak wisatawan dan pedagang yang berdatangan ke kota Bursa karena pada abad ke 15 Bursa merupakan kota perdagangan penting. Pembangun Han ini menggunakan pendapatan dari penginapannya untuk membangun sebuah masjid dan madrasah di Yenisehir , sebuah kota kecil dekat Bursa.
Balibey Han
Toko di Balibey Han

Balibey Han - Penginapan Edisi Jadul

Lumayaaaan …. Karena kita melintas Balibey Han, akhirnya kita tidak harus berputar jalannya. Memang siiiih kalau dari arah Sultanakapi ke downtown jalanan menurun, tapi yaaa teuteuup aja dari segi jarak lebih enak lewat Balibey Han. Sekalian liat-liat dan foto-foto. Ngga masuk siih ke toko-tokonya, abisan bingung itu sebenernya buka atau ngga. Hehehe … abisan ditutup semua pintunya. Dingin juga siiih yaaa kalau dibuka.

Ulu Camii

Akhirnya sampe deh di Ulu Camii. Ulu Camii adalah masjid yang terbesar di Bursa. Dibuat pada tahun 1396 dan 1399 oleh Sultan Bayezid I dalam gaya Seljuk. Masjid ini memiliki 2 minaret dan 20 dome. Yang berbeda dengan masjid lainnya, di tengah masjid Ulu Camii ada fountain untuk abdas di bawah dome terbesar. Bagus deh, fountain itu kena sinar matahari dari atasnya. Kerasanya masjid ini agak temaram siih, tapi katanya memang sengaja di desain seperti itu biar lebih peaceful untuk berkontemplasi. Masjid ini dihiasi dengan kaligrafi pada masa Ottoman yang terkenal di dunia.

Kamis, 5 Desember 2013
Pagi ini, setelah sarapan yang sama seperti kemarin, kita menyelesaikan packing terakhir. Rencananya, hari terakhir di Bursa ini kita mau jalan ke Tophane dan Yesil Turbe.

Tophane

Tophane posisinya deket dengan Sultanatkapi. Tophane adalah jam gadangnya Bursa. Dibangun pada saat pemerintahan Sultan Abdul Aziz sekitar tahun 1900. Menara jam ini bertingkat 6 dengan tinggi 65 meter dan lebar 4.65 meter.
Disana kita paling 5 menit doang. Foto-foto dan liat bentar trus lanjut ke Yesil Turbe.

Yesil Turbe
Makam Sultan Mehmet I

Yesil Turbe adalah musoleum berbentuk segi 8 yang letaknya di seberang Yesil Camii. Yesil Turbe sesuai dengan namanya eksteriornya dilapisi dengan keramik warna hijau turquoise. Disini dimakamkan Sultan Mehmet I yang meninggal di Edirne pada tahun 1421 dan juga 7 anggota keluarganya.

Yesil Turbe halamannya cukup luas dan teduh. Deket dengan Yesil Turbe ada imaret (dapur umum), tapi ngga tau deh tuuh sekarang beralih fungsi jadi apaan.