05 - YUNANI

Monastiraki

Monastiraki
DAY 2
23 April 2015
Daerah sisi dekat Roman Agora bernama Monastiraki (Μοναστηράκι)Monastiraki adalah pusat perbelanjaan utama di kota tua Athena, Yunani. Disana ada flea market (pasar loak),  butik pakaian, toko-toko suvenir, dan berbagai macam toko-toko lainnya. 

Gereja Pantanassa
Daerah ini merupakan tujuan wisata juga. Menarik siih menurutku, ramai khas pusat kota, tokonya kecil-keci dan berjejer sepanjang jalan, jualannya unik. Di alun-alun nya Monastiraki ada Gereja Pantanassa (dibangun abad ke-17) dan persis depan Flea Market ada Masjid Tzistarakis yang sudah lama tidak digunakan. 


Masjid Tzistarakis
Kalau baca berita mengenai Islam di Yunani, sepertinya pemerintah Yunani kurang memberikan fasilitas bagi umat Islam di Yunani untuk mendapatkan tempat ibadah yang layak. Kalau baca sejarahnya, masjid ini dibangun pada abad ke-18 oleh Ottoman (Tzistarakis adalah nama gubernur setempat). Salah satu kontruksi di masjid ini menggunakan kolom yang tersisa dari Kuil Olympian Zeus. 

Tapiii, orang Athena  merasa mereka menjadi dapet kutukan kuno atas wabah yang terjadi pada tahun yang sama. Susah sii yaa … beda pemahaman, beda agama, beda semua … jadi yaa pemikirannya kayak gitu. Intinya, gubernur Tzistarakis akhirnya disingkirkan dan diracuni. Ketika Yunani sudah lepas dari Turki, negara mengambil alih masjid ini dan menghancurkan  menara masjidnya. Tear L
Nama jalan-jalan utama daerah Monastiraki adalah Pandrossou Street dan Adrianou Street. Stasiun Metro Monastiraki juga berada disini, terletak di alun-alun dan melayani baik Jalur 1 dan Jalur 3 dari Metro Athena. Kita pulang dari monastiraki jam 17. Tinggal naik metro 1X ke Omonia. Sholat bentar di hotel trus jam 18 keluar lagi. Hehe. Anak-anak di rumah, aku jalan sama Cici ke Monastiraki lagi tapi by foot. Asyik juga ... Liat jalan Athinas pelan-pelan. Eh nemu jaket kulit, nemu tas, xixi. Di Monatiraki, look around aja, cari2 souvenir dan nemu toko lucu


Sebelum gelap kita udah pulang, serem juga soalnya. Kalau baca reviewnya, sebaiknya kalau malam hari jangan jalan di jalan Athinas karena banyak pecandu narkoba dan orang mabok. Dari hotel aja, kalau malem-malem kedengeran sirene polisi meraung-raung. Brisiiik deh pokoknya, secara hotel kita menghadap jalan raya.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.