05 - YUNANI

Syntagma Square


DAY FIVE
26 April 2015

Prepare for leaving Greece. Heboooh ... Secara mama beli barang banyak dan berat banget. Aku mah hanya beli baju botol, minyak zaitun kecil, plate mat gambar jadul, sloki Athens & Aegina, bendera Yunani, magnet dan piring souvernir buat oleh-oleh. Anak-anak beli kaleng lucu, backpack, snowglobe dan gelas Athens.


Kita check-out hotel jam 9 pagi karena harus sampe bandara Eleftherios Venizelos jam 11. Pesawat kita take off jam 13.10. Untuk kali ini, kita jalan ke airport by metro, ternyata pas kita lihat di mesin tiket, anak berusia dibawah 18 tahun atau lansia ada reduce ticket, jadi Eur 4. Pas brangkat kita beli tiket berempat Eur 28. Pas pulang hanya Eur 22. Lumayaan deh 
Kita pake metro line 2, berhenti di Syntagma dan lanjut pake metro line 3 langsung ke bandara. Berhubung di Syntagma masih banyak waktu, ada sekitar 30 menit untuk nunggu next metro, kita berempat jalan keluar metro station dulu. Papa, Nenek, dan Fira nunggu di station. Istirahat sambil jaga koper. Di Syntagma Square (Πλατεία Συντάγματος), kita lihat Parliament Centre, Tomb of the Unknown Soldier dan Guard Evzones.
Syntagma Square artinya Constitution Square berupa alun-alun di tengah kota Athena.  Syntagma square adalah alun-alun yang paling penting karena merupakan pusat kegiatan komersial dan politik Yunani. Di tahun belakangan ini, Syntagma Square sering dijadikan tempat protes massa karena situasi ekonomi yang memburuk selama krisis utang pemerintah Yunani.


Pasukan elite Evzones yang berjaga di depan Tomb of the Unknown Soldier adalah anggota dari  Presidential Guard. Setiap beberapa waktu mereka melakukan semacam upacara yang menjadi incaran para turis yang datang ke Athens. Naah pas kita kesana, pas persis jam mereka melakukan ceremony. Dapet deh video dan foto-fotonya.

Tomb of the Unknown Soldier adalah monument yang didedikasikan untuk pahlawan yang tidak bisa diidentifikasi namanya. Mereka terbunuh dalam peperangan membela negaranya. Pada Tomb of the Unknown Soldier di Athens dipahat tulisan yang berbunyi : Μία κλίνη κενὴ φέρεται ἐστρωμένη τῶν ἀφανῶν ("... and one bed is carried empty, made for the unknown ones"), dan tulisan :  Ἀνδρῶν ἐπιφανῶν πᾶσα γῆ τάφος ("The whole earth is the burial ground of famous men"). Monumen ini selalu dijaga oleh Guard Evzones setiap jam nya.

Di belakang Tomb of the Unknown Soldier, ada Parliament Centre yaitu lembaga demokrasi tertinggi yang mewakili warga melalui sebuah badan yang dipilih dari Anggota Parlemen. Ibaratnya seperti gedung MPR nya kita deh.

 
Beres liat Syntagma Square, kita balik lagi ke metro dan melanjutkan perjalanan ke bandara. Kita hanya bawa 1 bagasi dan 7 cabin. Nice flight to Istanbul and then we take a cab to aquacity.






About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.