05 - YUNANI

Museum Archeological of Athens


Museum Archeological of Athens
 DAY FOUR
24 April 2015

Hari ini kita jalan ke Museum Archeological of Athens (Εθνικό Αρχαιολογικό Μουσείο). Dari hotel tinggal jalan kaki deh sekitar 20 menit. Mama sama nenek ngga mau ke museum. Mereka mau liat toko-toko aja katanya … Papa ikut sama kita liat museum. Harus laaah liat museum ini, secara udah jauh-jauh jalan ke Yunani. Museum Archeological of Athens ini termasuk salah satu museum yang terbesar, sekelas dengan Istanbul Archeological Museum. 


Posisi museum ini di Patission Street No 44, persis di sebelah bangunan bersejarah The Athens Polytechnic University. Museum ini halaman depannya kurang terpelihara, rumputnya ngga rapih, ada sampah, sepi, tidak ada antrian turis dan tidak berpagar. Sepintas ragu, “Masa ini museum yang terkenal itu sih ?” Jalanan Patission juga berbau pesing. Tapi kalau dalamnya museum siih terjaga dan teratur deh. Mungkin dana lebih dialirkan ke hal yang lebih penting daripada mengurus eksterior luar museum. Kasian juga liat Negara Yunani, padahal kalau kita baca sejarahnya, wooww, negara ini pernah menguasai dunia.

Museum Archeological of Athens adalah museum sejarah terbesar di Yunani yang memuat peninggalan sejarah kuno bangsa Yunani. Museum ini dibangun pada akhir abad-19 dan melindungi berbagai benda bersejarah  di seluruh Yunani. Kita jalan di museum 2 jam doang. Saking besarnya museum ini, kita hanya sempet lihat lantai dasar. Itu juga udah capek ... Hihi

Apa yang kita lihat sudah meliputi wilayah terbesar dari museum ini siih … kita lihat 
The Prehistoric Collection berisi hasil karya kebudayaan Yunani kuno. Koleksinya meliputi jaman batu dan jaman logam dari daerah Yunani, Kepulauan Aegean, dan Troy.
The Sculpture Collection, isinya berbagai jenis patung dari jaman abad ke-8 SM sampai abad ke-4 SM. Koleksi ini yang paling banyak, 30 ruangan sendiri. Menurut info, patung-patung ini berasal dari Athens, Thessaly, Yunani tengah, Peloponnese, Crete, dan Kepulauan Aegean.




   The Bronze Collection, koleksi disini adalah salah satu koleksi terbesar di dunia, seperti Poseidon, Zeus from Artemision, The Marathon Youth, The Antikythera Youth, and The Jockey from Artemision. Selain patung itu masih ada koleksi-koleksi yang lain.
 
The Egytian Collection, memenuhi 2 ruangan, aku paling suka liat ruang koleksi ini deh. Kesannya mistis dan kelihatan banget bahwa peradaban Mesir itu hebat, hasil karyanya detail, dan koleksi perhiasannya pun paling wow. Emas ya itu loh …
The Stathatos Collections, isinya adalah hasil karya jaman Middle Bronze sampai Post-Byzantine Period.
 Koleksi yang tidak sempat kita lihat adalah koleksi di lantai 1 yang berisi The Collection of Vases and The Minor Arts serta Collection of Cypriot Antiquities.

Beres dari museum, kita mampir ke toko baju + sepatu. Belanja bentar, bak bik buk. Trus lanjut naik metro ke Acropolis. Janjian ketemuan sama mama + nenek disana. Setelah ketemuan, kita baru jalan bareng.






Rencananya jalan-jalan ke Plaka, tapi semua udah pada capek. Akhirnya hanya kita bertiga nenek yang jalan ke Plaka. It’s a nice place, nice air, nice shopping. Beda toko-tokonya sama di monastiraki. Yang di Plaka lebih bagus dan lebih beragam.

Pegel juga ternyata ... Yang tadinya mau pulang maghrib, akhirnya pulang cepet deh. Secara nenek juga udh kecapean. Dari jauh kliatan deh tuh gerbang Hadrian Tower. Maunya kesana. Tapi rempong juga. Mau mampir café buat istirahat atau sekedar nyemil juga susah siih yaa.

Kita pulang naik metro ke hotel, nge drop nenek. Trus jalan lagi, kemaren ngeceng jaket kulit hitam di Athinas Street. Tapiiii ... Hiyaaaaa. Ternyata kalau malam minggu, toko-toko cepet tutup yaaa ? Walhasil, gigit jari deh. Kita hanya beli Frappe doang. Enak banget frappe nya, berasa kopi dan sangat kental. Ngga berani beli makanan kalo di Yunani, takut bercampur, beraninya hanya beli minuman dan buah segar.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.