02 - TURKEY

Sirkeci Station and Orient Express


Pintu Utama Sirkeci Station

24 Desember 2016

Jaman dulu sering baca buku cerita detektif Hercule Poirot karangan Agatha Christie yang berjudul Pembunuhan di Orient Express. Eh, ternyata salah satu terminal kereta api lintas benua Eropa itu ada di kota Istanbul. 


Terminal ini posisinya di Eminonu, pinggir Selat Bosphorus, tidak jauh dari Istana Topkapi dan Gulhane Park.  Terminal ini dibangun pada tahun 1890 oleh Oriental Railway sebagai terminal timur dari kereta api terkenal jaman dulu, Orient Express. Fungsi terminal ini berhenti sementara pada bulan Maret-Oktober 2013, karena adanya pembangunan commuter line yang baru, Marmaray. 


Marmaray adalah kereta api bawah tanah dan bawah laut yang menembus benua Asia - Eropa. Di Sirkeci Terminal, untuk mencapai marmaray perlu turun escalator sampai 4 kali. Hehehe ... jauuh ... nembus tanah sampai ke dasar Selat Bosphorus. Sedangkan, Kereta Api regional memiliki jalur ke Kapıkule, Edirne dan Uzunköprü.

Di dalam terminal Sirkeci ada sebuah restaurant "Terminus" dimana pada tahun 1950-1960 menjadi tempat bertemunya para jurnalis, penulis dan .... Saat ini restaurantnya masih ada hanya berubah nama menjadi  "Orient Express". 

Selain restaurant, di Sirkeci ada juga The Istanbul Railway Museum yang dibuka pada bulan September 2005 dan Pertunjukkan Mevlevi Dervish setiap Selasa dan Sabtu dengan HTM TL 40 jam 19.30

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.