02 - TURKEY

Masjid Al-Fatih, Masjid Sang Penakluk

Awal kita ke Istanbul aku salah mikir soal masjid Fatih. Dikirain yang namanya masjid Fatih adalah Masjid Sultanahmet alias Blue Mosque karena kalo baca-baca di sejarah masjid Sultanahmet itu dibangun oleh Sultan Ahmet I.  Jaka sembung hahaha. Pantesan kalo lihat urutan tahun pembuatan masjid dan tahun Al Fatih Mehmet masuk Istanbul kagak nyambung.

Akhirnya nyambung juga ke jalan yang lurus dan benar. Haha. Ternyata Masjid Fatih itu yaaa di daerah Fatih. Ampuun dj deh. Sering dilewatin, tapii karena ngga mudeng dan kebeneran dulu masih direnovasi yaa ngga kelihatan. Berantakan banget, dan sebagian masih ketutupan sama lembaran kayu. Baru di kunjungan kedua, situasi masjid dan halamannya keliatan bersih dan luas.

Jadi ceritanya, Masjid Fatih Mehmed yang merupakan masjid kerajaan Ottoman ini adalah salah satu contoh dari kemajuan arsitek islam Turki. Masjid ini dibangun atas perintah Fatih Sultan Mehmed (Fatih sang Penakluk Konstantinopel) pada tahun 1463-1470. Namanya mirip sama nama Masjid Sultan Ahmed jadi aku kira masjidnya Fatih yang Sultanahmet Blue Mosque itu. Gedubrak 😂.. Masjid Fatih ini adalah bangunan pertama yang dibangun oleh Fatih Sultan Mehmed setelah menguasai konstantinopel. Arsiteknya adalah Atik Sinan.

Awalnya di komplek Masjid Fatih ini ada pusat pendidikan tradisional Islamic Science seperti teologi, hukum, kedokteran, astronomi, fisika dan matematika yang mereka namakan Sahn-ı Seman Medrese. Selain madrasah, ada juga perpustakaan, rumah sakit, caravanserai, pertokoan, hamam, sekolah dasar, dan dapur umum (imaret) yang bertugas untuk kasih makan orang miskin. Selanjutnya dibangun juga makam-makam. Namun karena gempa dan perubahan jaman maka tempat-tempat itu tidak semuanya ada lagi.

Masjid ini udah beberapa kali di renovasi, karena terkena gempa pada tahun 1509, 1557 dan 1754. Dan akhirnya, masjid ini benar-benar hancur oleh gempa tahun 1766, dimana kubah utama dan sebagian dinding masjid rubuh. Namun renovasi tetap dilakukan dan akhirnya rampung pada tahun 1771 dengan desain yang baru. Arsiteknya Mimar Mehmet Tahir.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.