09 - HONG KONG

Hong Kong Part 2 # Madame Tussauds & The Peak


Day 2 : HONG  KONG
Sabtu, 7 Juli 2012

Pagi-pagi kita look around the resort. Bagus, posisinya persis di pinggir pantai. Yaaa namanya juga pulau yaa. Banyak burung beterbangan. Anak-anak sih langsung nyebur aja di laut dan main pasir.






Anak-anak happy meski perlu nyebrang pulau kalau mau kemana-mana. Dari Noah’s Ark keliatan jembatan Tsing Ma Bridge yang menghubungkan antara Ma Wan Island dengan Lantau Island. Pulau Ma Wan ini sebenernya tempat wisata dan ecoisland. Posisinya di antara Lantau Island, Tsing Yi Island, Hongkong Island dan Kawloon China daratan. Ma Wan Island yang dikenal juga dengan sebutan Park Island ini baru di buka tahun 2009. Jadi pas kita kesini, baru 3 tahun deh mereka beroperasi.




Hari ini kita berencana mau ke Hong Kong Island. Itinerary kita adalah mau ke ke Madame Tussauds dan The Peak. Dari Ma Wan Island ke Hong Kong Island kita menggunakan ferry. Dari hotel, kita jalan kaki nyusurin  Tung Wan Beach ke Ferry Pier Park Island. Dari sana kita naik Fast Ferry ke Central Pier 2 di Hong Kong Island. Waktu tempuh selama 25 menit. Enak nih … jadwal operasi ferry ini sampai tengah malam. (Note : sejak Desember 2012, jadwal ferry ke Hong Kong Island berkurang menjadi 3X sehari dan digantikan dengan bus service yang beroperasi setiap jam). Tiket ferry dapat menggunakan koin atau membeli Octopus Card. 

Untuk mencapai Madame Tussauds, dari pelabuhan ferry Central Pier 2 kita naik bus no 15C ke Garden Road Terminus (Chinese花園道). Lokasi Garden Road Terminus di lantai dasar  St. John's Building di Garden RoadCentralDari Garden Terminus kita naik lagi pakai Peak Tram. Terlihat antrian yang panjang dari sana, mereka mau ke The Peak semua untuk lihat kota Hong Kong dari atas bukit. Apalagi ini malam Minggu. Wow deh .. panjang antriannya.

Kalau baca sejarah di Wikipedia mengenai Garden Road Station, ternyata Peak Tram di station ini sudah beroperasi sejak tahun 1889. Tahun 1935, baru dibuat terminal baru bersamaan dengan pembangunan St John Apartment. Tahun 1964, apartmentnya dihancurkan dan digantikan dengan bangunan resindental yang modern serta pertokoan.

Lumayan pegel juga antri Peak Tram nya. Kita semua ambil paket Madame Tussauds Combo Package (Madame Tussauds & Peak Tram two ways) seharga HKD 195 untuk dewasa dan HKD 105 untuk anak-anak.

Ke Madame Tussauds ini bisa berbagai cara sih. Bisa dengan Peak Tram,  mini bus dan bus. Tapi kita pilih yang Peak Tram aja deh karena pengen juga naik peak tram yang legendaris plus memang sekalian pengen ke The Peak juga.

Madame Tussauds adalah nama museum yang isinya adalah patung-patung lilin tokoh-tokoh terkenal di dunia. Madame Tussauds nama aslinya adalah Marie Grosholtz. Awalnya dia adalah guru seni saudara perempuannya Raja Louis XVI.  Perjalanan hidup dan revolusi Perancis membawanya dari istana Versailes di Prancis hingga ke Inggris. Di Inggris lah, 250 tahun yang lalu, pertama kalinya Marie membuat pameran di “The Baker Street Bazaar”. Madame Tussauds terus berkembang di mana-mana dan Madame Tussauds Hong Kong dibuat pada tahun 2000.


Marie Grosholtz alias Madame Tussauds

Madame Tussauds Hong Kong sebenernya ngga terlalu besar. Jauh deh sama Madame Tussauds yang di London. Tapi it’s oke laah. Anak-anak sih happy happy aja disini. Foto kiri kanan sama patung orang-orang terkenal. Patung itu sesuai dengan orang aslinya. Mirip banget.























Beres dari Madame Tussauds kita lanjut perjalanan ke Victoria Peak. Victoria Peak (Chinese太平山) adalah gunung tertinggi di Hong  Kong Island. Victoria Peak dikenal juga dengan nama Mount Austin atau The Peak. Saat ini The Peak merupakan kawasan turistik, dimana orang-orag dapat melihat keindahan kota Hong Kong dari atas gunung, terutama di malam hari.






Jaman dulunya, Gubernur Sir Richard MacDonnell memerintahkan untuk membangun rumah musim panas di The Peak pada tahun 1868, kemudian diikuti pembangunan rumah-rumah mewah lainnya. Untuk mencapai The Peak mereka naik sedan chair. Pada tahun 1881, mulai dioperasikan tram menuju The Peak.
Sedan Chair

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.