08 - MALAYSIA

Petronas, Menara Kembar nya Malaysia

Day 1
Kamis, 5 Juli 2012

Semalam heboh packing sd jam 12 malem. Baju baju udh masuk koper semua. Tinggal makanan basah ajah yang belum di pack. Hehehe. Kita bawa ayam goreng kuning 2 ekor, gepuk 1 kg, rendang  1 kg, buncis, dan zuccini. Ini berhubung berangkat dengan airasia jadi koper koper semua ditimbang dan diatur dengan berbagai posisi. Hadeeewh. Takut kelebihan bagasi malah jadi repot. Koper biru itu udah berkali kali rubah isi hahaha. Abisaaaan ngga pas mulu posisi dan beratnya.

Liburan kali ini kita full team. Papa, Mama, Fitri, Kean dan Kaye duluan berangkat tanggal 3. Mereka mau ke Ipoh dan Penang dulu. Baru hari ini gabung ke KualaLumpur. Rombongan kedua kita sekeluarga dan Anti sekeluarga plus Hendra. Kita berangkat jam 7 pagi dari Kanayakan. Pas sampe Bandara, Anti ketinggalan trolly Anais akhirnya Pak Nenda pulang lagi buat ambil trolly ... Hahaha. Selaluuuu ada yang ketinggalan. Maklum hebooh pergi banyakan. Kemaren Mama Papa juga heboh. Banyak yang ketinggalan. Yaaa jaket, HP, dan koper biru. Kita coba susul ke x-trans tapi  ngga keburu. Walhasil koper kita ada tambahan bonus ... Untungan jatah cabin masih banyak jadi ya cukup aja.
Pesawat take off jam 08.30 pagi dari Bandara Husein Sastranegera. Baru kali ini jalan dari Bandara Husein Sastranegara, biasanya selalu dari Soekarno-Hatta. Ternyata Bandara Husein ngga besar, tapi kecil banget kayak terminal bus. Jadi ngga terlalu lama juga untuk check-in dan imigrasi. Alhamdulillah koper-koper masuk semua dan ngga ada yang kelebihan muatan. Trolly Anais juga sampe on time ...
Perjalanan Bandung - Kuala Lumpur sekitar 3 jam. Kita sampai di LCC Terminal KL jam 11.35 pagi. Pikir-pikir murah banget ini tiket, dari Bandung sampai ke Kuala Lumpur, kita ber-4 hanya Rp 1.330.000 dengan bagasi masing-masing 15 kg.

Dari bandara LCCT, kita naik Skybus ke KL Central harganya RM 9/orang dan kita sudah book sebelumnya. Durasi waktu perjalanan sekitar 1 jam 15 menit. Dari KL Sentral, lanjut naik LRT Putra (Kelana Jaya) Line ke Masjid Jamek (hanya 2 stasion dari KL Sentral).

Untuk ke tengah kota dari bandara LCCT mudah banget. Kita tinggal naik Sky Bus, special service untuk penumpang Air Asia. Ada 2 jurusan, yaitu LCCT – KL Sentral atau LCCT – 1 Utama. Setiap 30 menit, Sky Busnya beroperasi, dari jam 03.00 dini hari sampai jam 23.30. Harga tiketnya RM 9 untuk dewasa dan RM 4 untuk anak-anak. Tiket ini dapat dibeli di Ticket Booth di Terminal Kedatangan. Atau kalau mau praktis, tiket ini dapat dipesan bersamaan dengan pembelian tiket pesawat Air Asia. Kita tinggal tunjukkan aja print invoice nya atau soft copy di mobile phone atau iPad. Praktis. Kita pilih cara yang kedua.

Soal transportasi di Kuala lumpur juga praktis. Mereka punya LRT, 3 Line (Kelana Jaya Line, Ampang Line, dan Monorail Line). Kelana Line memiliki jalur dari Kelana Jaya sampai dengan Gombak. Ampang Line memiliki jalur dari Ampang sampai dengan Sri Petaling dan Sentul Timur. Monorail memiliki jalur dari KL Sentral sampai dengan Titiwangsa. Seluruh LRT ini mulai beroperasi dari jam 06.00 pagi sampai dengan 23.45 malam.

Di Kuala Lumpur, kita menginap di Citin Hotel Masjid Jamek harga semalam RM 116. Sampai hotel, anak-anak istirahat dan nonton dulu. Baru sore hari kita jalan ke Petronas. Petronas Twin Towers adalah landmark nya Malaysia, berupa menara pencakar langit kembar yang terhubung dengan sky bridge (di lantai 41 dan 42). Menara ini memiliki 88 lantai dari baru selesai dibangun pada tahun 1998, dengan desainer dari Kanada dan Amerika. Menara kembar ini merupakan menara kembar tertinggi di dunia dengan tinggi 452 mt.
 Kita foto-foto aja di depan Menara kembar dan masuk ke mall Suria KLCC, yang posisinya persis di lantai bawah  Petronas. Mall Suria memiliki 5 lantai dan merupakan salah satu pusat perbelanjaan tersibuk di Kuala lumpur. Kita look aroud aja dan coba makan es Malaysia yang terkenal. Malem-malem, ketemuan sama Fitri, Mama, Papa yang baru pulang dari Penang. Udah gitu nongkrong deh di taman depan Petronas sambil nonton Song of The Night, air mancur simfonik.

Sedikit info tentang Sky Bridge. Sky bridge, dibuka dari Selasa – Minggu, dari jam 9.00 – 17.00  untuk 1600 pengunjung saja. Beli tiketnya di Concourse Floor Menara Petronas. Jam masuk ke Sky Bridge akan ditulis di tiket dan hanya boleh masuk sekitar 10 menit. Selain Sky bridge, ada juga Observation Deck yang berada di lantai 86 menara 2.