02 - TURKEY

Red Travertine - Karahayit



16 Juni 2012


Setelah berangkat dari Cappadocia, Nevsehir pkl 20.00, kita menempuh perjalanan selama 10 jam hingga akhirnya kita sampai di Denizli pk 06 pagi . Hehehe masih pagiii buangets. Dari Denizli kita dianter ke Pamukkale dengan mobil kecil punya Nevsehir juga. Perjalanan Denizli - Pamukkale sekitar 30 menit (14 km). Pamukkale terletak di sebuah bukit Dataran Menderes. Pamukkale pada jaman Hellenisasi dan Byzantium disebut Hierapolis yang berarti "Kota Suci."

Hiyaaa ... kita sampe city centre Pamukkale masih pagi banget, toko-toko masih pada tutup. Akhirnya, kita diantar ke lobby hotel. Disana kita bisa titip tas yang berat, mandi  kucing dan sarapan pagi. Lumayaaaaan deh, sarapan all you can it hanya TL 5/org. Sambil sarapan, aku browsing things to do di Pamukkale, ngecharge BB, dan mencatat semua yang perlu dicatat.



Kebeneran pas kita nongkrong di lobby ada yang nawarin tour. Lumayan murah siih karena untuk masuk ke beberapa tempat aja tiket masuknya sekitar TL 40. Naah, kalau ikut tour ini sudah termasuk transport, guide, dan makan siang. Total tournya TL 60. Kalau baca di internet, Pamukkale (Cotton Castle) termasuk keajaiban dunia yang ke-8 karena banyak travertines yang berwarna putih disini. Travertines terbentuk dalam suatu proses yang berlangsung selama 15 ribu tahun. 
So ... let’s tour ....


Kita gabung ke Hermosa Tour berangkat jam 9.30 (including lunch). Tempat yang dikunjungi adalah :

1. Red Travertine di Karahayit

Red Travertine - Karahayit


Karahayit sekitar 5 menit (5 km ke arah utara) dari pusat kota. Jalanan menuju kesana nanjaaaaaak dan panas. Wew .... Pikir-pikir untung juga pake tour, kalau ngga hadeeewh bisa teler bangets.  Sepanjang perjalanan melewat bukit gersang. Tapi bagian puncak gunungnya bagus banget. Puncaknya warna putih karena warna travertines itu.




Kalau di Karahayit, Travertine-nya agak kemerahan karena bercampur zat besi, magnesium dan belerang sehingga disebut tempat ini dinamakan Kirmizi Su (Red Water). Lucu banget deh Travertine seperti kolam kecil berbentuk sawah tampak siring dan airnya mengalir menuruni lereng. Air setiap kolamnya bisa berbeda suhunya (sekitar 68 derajat Celcius) tergantung dari air panas bumi yang keluar melalui pecahan tanahnya. Take a pic bentar sekitar 15 menit udah gitu kita berangkat ke reruntuhan Romawi Kuno di Pamukkale.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.