02 - TURKEY

The Million & Haci Beşir Ağa Fountain - Istanbul

Senin, 28 Oktober 2013
 

The Million

Sepanjang kota tua, banyak peninggalan-peninggalan kerajaan Romawi. Selain The Serpent Column dan The Obelisk, ada juga The Million. The Million adalah sebuah monumen yang didirikan pada abad ke-4. The Million adalah titik tolak pengukuran jarak dari Konstantinopel ke semua jalan menuju kota-kota Kekaisaran Bizantium. Inilh titik 0 dari Kerajaan Romawi. Awalnya, bangunan ini berbentuk dome yang terdiri dari 4 lengkungan besar yang dihiasi dengan patung dan lukisan. The Million ini sempat rusak dan menghilang, hingga akhirnya ditemukan di bawah rumah-rumah pada penggalian tahun 1960.

Haci Beşir Ağa Fountain

Persis sebelah The Million ada dinding marmer yang diukir. Cantiik .. dan sepertinya ada bekas keran atau saluran air yang keluar dari dinding tersebut. Ternyata itu adalah Haci Beşir Ağa Fountain yang dibuat pada tahun 1745. Ada 14 fountain yang dibuat oleh Besir Aga dan Haci Beşir Ağa Fountain ini termasuk salah satu yang terindah. Sumber airnya didapat dari reservoir yang dibuat oleh Byzantines. Haci Beşir Ağa Fountain dan the millions adalah titik awal dari jalan Divanyolu .



  
Divanyolu tempo dulu
Jalan Divanyolu (the Way of the Council)   namanya diambil dari kata “divan-ı hümayun” (the council of ministers). Dulunya ini adalah jalan utama kerajaan yang dibangun oleh Kaisar Constantine. Jalan ini dimulai dari Haci Beşir Ağa Fountain dan the millions hingga ke Istana Topkapi. Sejak kerajaan Ottoman, jalan Divanyolu diperpanjang dari Beyazıt hingga Sultanahmet karena tentara dan pejabat sering melalui jalan ini dari dan ke Istana Topkapi.

Divanyolu sekarang






About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.