02 - TURKEY

Ali Paşa Covered Bazaar

1 Agustus 2015

Liburan anak-anak masih panjang … mumpung gitu mendingan lanjut jalan-jalan deh. Bener ?

Semalam, kepikiran cari tempat yang ngga terlalu jauh dari Istanbul. Pilihan ada dua, antara Cannakale atau Edirne. Tapi aku pengen camping juga … huaaa … walhasil buka google dan dapet deh tempat camping yang seru dan ngga terlampau jauh dari Edirne.

Nanya mas boy dan anak-anak, ehhh ternyata pada setuju. Yipeee … so hari itu kita gedebukan persiapan jalan ke Edirne plus camping di Gökçetepe Tabiat Parkı. Ngeluarin tenda, ransel, sleeping bag, airbed, perlengkapan masak, wuaaaah … itu sangat menyenangkan … mengingat kita camping terakhir kali itu 2 tahun yang lalu bareng famcamp. Perlengkapan yang kurang hanya satu : kompor. Qkqkqk … walhasil malem itu, kita cari kompor gas kecil … Alhamdulillah … dapeeett. Ini artinya perjalanan kita direstui. Blink blink. Lewat tengah malem aja masih sibuk masak ayam lemon pepper. Hehehe …  ini maksudnya biar pas camping ngga repot, menu ini melengkapi sosis, salami, indomie, telur, dan anggur yang duluan di pack.

Kita jalan dari rumah jam 07.30 … kesiangan niiiih sebenernya. Rencana awalnya siih mau jalan jam 06.00, tapi yaaa gitu dweeh … bikin sarapan dan minuman buat dimakan di mobil, bikin nasi, mandi dulu, last packing, gotong barang ke parkiran akhirnya baru berhasil jalan jam 07.30.
It’s okeee … let’s have fun. Turn on the GPS and off we go !!

Menurut perkiraan, perjalanan ke Edirne memakan waktu 3 jam. Kita lewat jalur Otoyolu Istanbul-Edirne, jalannya mulus banget, pemandangannya terbuka luas dengan kiri kanan terbentang kebun bunga matahari. Ternyata terkenal yaaa disini … hehehe .. gw baru tau. Tanah dan udara disini cocok banget buat bertanam Bunga Matahari bakal minyak goreng. Seneng banget liat pemandangan kiri kanan, kebun ‘bunga matahari’nya seperti lautan. Sebagian masih kuning-kuning cerah, sebagian bunganya sudah tua jadi sudah merunduk. Sempet berhenti sebentar buat take a pic …

Jam 10.30, kita masuk kota Edirne. Edirne sebenernya kota bersejarah bagi Turki. Kalau yang pernah gw baca, Sultan Mehmed II (Al-Fatih) lahir di Edirne dan memasuki gerbang kota serta menguasai konstantinopel dari pintu gerbang Edirne ini. Edirne juga merupakan ibu kota kedua (ibu kota pertama adalah Bursa), dan akhirnya setelah menguasai konstaninopel, ibu kota pindah ke Istanbul, terakhir …. ibu kota Turki adalah di Ankara. Edirne berbatasan langsung dengan Bulgaria dan Yunani. Ikutin aja tunjukan ke Kapıkule (perbatasan Turki-Bulgaria) atau …. (perbatasan Turki-Yunani)

Di Edirne kita jalan ke Ali Paşa Covered Bazaar. Pasar ini dirancang oleh Mimar Sinan pada abad 16. Bentuk pasarnya lurus aja dengan kiri kanan berjejeran toko-toko. Jauuuh lebih kecil kalau dibandingkan Grand Bazaar Istanbul. Pasarnya sih menarik, pasar kuno, tapi jualannya yang kurang menarik, apa karena sudah pernah liat pasar yang lebih besar dan beragam di Istanbul ya ? Mereka jual baju-baju, sepatu-sepatu, makanan hewan peliharaan, sedikit yang jualan souvenir.

Hanya sekali lewat aja, terus kita keluar dari Ali Paşa Covered Bazaar dan ternyata diluarnya masih ada kumpulan toko-toko dan restaurant lagi. Look around here and I bought some bowls at Linen. Yiiipee

Berhubung cuaca sangat panas, kita nongkrong bentar di kedai es krim. Enak juga … 1 scoop TL 1 dan beres makan eskrim kita coba makan makanan khas Edirne yaitu tava ciğer. Tava ciğer adalah hati yang diiris tipis-tipis dan digoreng kering. Dimakannya dengan cabe merah goreng, bawang bombay iris, dan irisan tomat. Kebayangnya bakalan bau … karena kalau baca menunya, tava ciğer itu dari hati domba, ehhh tapi ternyata ngga bau koqs. Anak-anak juga mau makannya meski sedikit. Kenyaaang banget karena mereka kasih dalam porsi yang besar untuk ukuran perut gw.















About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.