02 - TURKEY

Selimiye Mosque / Selimiye Camii




1 Agustus 2015
Pintu Masuk Masjid Selimiye

Setelah makan makanan khas Edirne, Tava Ciger, kita melanjutkan perjalanan ke Selimiye Mosque / Selimiye Camii . Masjid besar ini dibangun atas perintah Sultan Selim II pada bulan Juni 1568 dan rampung pada bulan Maret 1575. Masjid ini adalah karya arsitek kerajaan Mimar Sinan yang terbesar. Begitu kita masuk ke kompleks masjid ini, kesan pertama adalah ‘wooww cantik’  karena ada semu-semu warna merah muda di dinding masjidnya, belum lagi pas kita kesana lagi musim panas dimana bunga mawar dan bunga lainnya pada bermekaran. Peaceful and beautiful … like it so much !! Masjid ini punya 4 minaret dengan ketinggian 85 mt, dome berdiameter 31 mt tinggi 43 mt. Luas kompleks masjid ini adalah 22.000 mt2.





Interior masjid Selimiye ini bagus banget, kaligrafinya dibuat oleh Molla Hasan Chalabi, tiles-nya digunakan tiles terbaik yang dibuat pada abad 16, lukisan tangan pada kayu di tempat muazin, mihrab dan mimbar. Pokoknya semuanya bikin kita betah duduk disini. Apalagi kalau liat dome nya yang warna biru. Masya Allah … Sayang waktunya hanya sebentar karena kita harus lanjut lagi ke tempat berikutnya. Next time kalau ke Edirne, mau agak lama deh diem di masjid ini.


Di dalam kompleks masjid ini tidak hanya ada masjid, tetapi juga ada arasta (shopping centre), imaret (dapur umum), shifakhana (rumahsakit kecil), madrasah (sekolah), dan hamam (public bath). Besaaar banget kompleksnya. Kita hanya sempet menikmati dan sholat di masjid serta jalan sedikit di Arasta Bazaar beli makanan kesukaan gw, marzipan (badem ezmesi) yang terbuat dari almond.


Arasta Bazaar



Berdekatan dengan Selimiye Camii, ada 2 masjid besar lainnya yaitu Eski Cami / Old Mosque and Burmalı Cami / Serpent Mosque / Üç Şerefeli Mosque. Kita ngga sempet masuk, hanya sempet foto aja dari kejauhan. Pokoknya masuk pusat kota Edirne, kita disuguhi dengan pemandangan minaret masjid-masjid yag cantik. Tiga masjid besar yang posisinya berdekatan kayak gini baru pertama kali gw liat. 







About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.