02 - TURKEY

Kartepe Mountain

Kartepe Mountain
 Kartepe adalah kota di Provinsi Kocaeli.  ‘Kar’ artinya salju, ‘tepe’ artinya bukit, jadi Kartepe artinya Bukit Bersalju. Di Kartepe, memang ada gunung yang namanya sesuai dengan nama kotanya, Kartepe Mountain.


Awalnya penduduk Kartepe adalah orang-orang Turki yang dulunya tinggal di Yunani. Setelah terjadinya pertukaran penduduk dengan orang Yunani yang tinggal di Turki, maka pada tahun 1920, mereka pindah ke Kartepe. Selain itu, orang-orang dari Black Sea juga pindah ke Kartepe.
Ke kota Kartepe lah kita bejalan-jalan dengan warga Indonesia di Istanbul. Kita berangkat menggunakan bus. Berhubung kita dijemput di meeting point yang terakhir, makanya kita agak santai. 

Dari Istanbul (bagian Asia) ke kota Kartepe hanya sebentar, 1 jam doang. Setelahnya kita naik lagi menuju Kartepe mountain sekitar 30 menit. Di sepanjang perjalanan menuju puncak gunung, banyak disewakan permainan salju. Rasanya jadi pengen punya deh si papan luncur salju itu. 


Di Kartepe, kita cari tempat dan makan siang dulu, makan bekel maksudnya. Trus kita baru dikasih waktu bebas untuk main salju. Di Kartepe, pusat-pusat permainan saljunya kecil-kecil. Beda sama Uludag Bursa. Jadi ibaratya pake sektor-sektor deh kalau di Kartepe. Tinggal muter aja, cari mana yang paling bagus. Deket sektor permainan salju itu ada café-café, jadi kalau kedinginan atau yang ngga ikut main bisa menghangatkan diri di café. Dijual makanan-makanan dan minuman hangat semisal cay dan sahlep. 

  



















About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.