02 - TURKEY

Askeri Muzesi Istanbul (Military Museum)




24 April 2016


Museum ini terbuka untuk umum dari hari Selasa - Minggu (senin tutup) dari jam 8.00 - 17.00. Tiket masuknya sebesar TL 4 (dewasa) TL 1.30 (pelajar). Alamatnya di Valikonagi Caddesi, Harbiye, Şişli, Istanbul.

Awalnya posisi Museum Militer ini ngga di Harbiye tapi di Saint Irene Church. Tetapi pada tahun 1950, Museum ini pindah ke Harbiye tempat dimana Ottoman Imperial Military Academy berada.
Koleksi yang ada di dalam museum ini adalah segala macem jenis senjata, seragam dan perlengkapan yang digunakan oleh pasukan senjata Ottoman/Turki. Di halaman museum ada juga koleksi Meriam yang digunakan pada jaman Ottoman, senjata, pesawat dan helicopter. Dengan total ruangan sebanyak 22 maka dapat menampung sekitar 50.000 benda koleksi sejak jaman Ottoman hingga Perang Dunia I.
Koleksi yang menarik adalah koleksi rantai yang digunakan pada jaman Byzantium untuk menahan kapal laut yang masuk ke Teluk Galata. Rantai ini lah yang berhasil dilewati oleh Pasukan Sultan Mehmet pada tahun 1453 dengan cara mengangkat kapal perang ke daratan dan menggelindingkan kapal mereka melalui bukit dekat Galata. 
Sedangkan di lantai dasar, terdiri dari koleksi busur, panah, belati, lancets, helmet besi yang digunakan oleh Pasukan Janissaries. Selain itu, banyak juga koleksi senjata yang digunakan oleh Pasukan Mehmet sang penakluk.
Di lantai atas, terdapat koleksi dari Perang Dunia I, Pertempuran Gallipoli, dan Perang Kemerdekaan Turki. Ada juga ruangan yang didedikasikan untuk Atatürk, karena beliau pernah bersekolah di Akademi Militer ini antara tahun 1899-1905.
Kalau ke Museum ini jangan sampai ketinggalan pertunjukkan The Janissary Band "Mehter Takımı". Pertunjukkan ini diadakan setiap sore (sekitar jam 15-16). Pasukan ini memainkan music dengan memakai seragam tradisionalnya. Sejujurnya, suara music yang hingar bingar dengan nada minor eksotis ini bukanlah lagu pengantar tidur atau music cinta yang mudah dihayati, tetapi lebih ke arah music semangat, hidup dan kebahagiaan karena sudah menaklukan dan mencapai apa yang dicitakan.




About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.