04 - VIETNAM

Wisata Delta Sungai Mekong

Sabtu, 3 September 2011

Setelah kehebohan packing dan liburan lebaran ... Plus ke ACE 5X baru selesai deh packingnya

Sekarang kita berangkat pakai Air Asia ditraktir mama ... Hip hip hooray. Ticket sih udah dipesan dari jauh hari jadi harganya murah Rp 1 jt/orang. Tujuan kita ke Ho Chi Minh (Saigon). Kita berangkat ber-9 (Papa, Mama, kita ber-4, Fitri and the kids ....) Take off pk 16.30. Hihihi ... Pesawatnya imut ... 3 kanan 3 kiri. Gate - nya juga dipakai buat 2 penerbangan ... So penuh dan nggak kebagian duduk. But it's okay .... Biasanya naik Singapore Airlines kebagian first in dan anak2 dapet toys sekarang khan dapet pengalaman baru. Pesawatnya kecil jadi goyang kiri, goyang kanan, gebreg gebreg .... Hihihi. Mendingan aku mengalihkan perhatian aja deh .... Lumayan 1 surah beres. Alhamdulillah ...

Masuk Vietnam ngga usah isi imigration form jadi check outnya cepet. Tan Son Nhat International Airport bersih juga. Modelnya banyak kaca dan besar. Pengambilan bagasinya cukup cepat dan kita bisa langsung keluar. Dari Indonesia kita udah booking taxi USD 30.
  Ho chi minh ... Kota besar, cukup bersih juga, tapi banyaaaak banget sepeda motor yang ber helm lucu-lucu. Bahkan kita liat motor yang penumpangnya 4 orang hihihi ... Jd inget gambar di blackberry.

Sebelum ke hotel, kita makan malam dulu di Sari Indo, restauran punya orang Indonesia. Alhamdulillah halal. Disana habis 1.005.000 VND. After that ... We go to the hotel. Disana ketemu sama temennya papa yang kebeneran jadi konjen di Vietnam.

Setelah puter-puter cari hotel, akhirnya ketemu juga ... Tapiiii begitu lihat hotelnya ... Whuahahah .... Geli gw ... Hotelnya mojok, imut, dan lingkungannya agak kumuh. Halaaagh deh ... Beginilah kalau cari hotel via internet dan cari yang paling murah. Tapi oke laaaah ... Sekali-kali ;).
Thanh Thuy Hotel ... Tingkat 5. Yaaa lumayanlah bersih juga ... Tapi ngga ada lift. Jadi porternya harus ngangkut barang sampai lantai 5. Gw ajah yang ga bawa barang meni hahehoh. Apalagi dia yaaah ... Kasian juga ... Fasilitasnya ada wifi, kulkasnya cukup besar buat menampung semua ransum, air di kamar mandi hot-cold, hanya ngga ada kattle jadi yaaah masak air pake panci bawaan ... Alhamdulillah bawa panci listrik thea.

MINGGU, 4 SEPTEMBER 2011

Pagi pagi setelah sholat subuh, langsung masak air .... 5X buat milo hangat dan bekel air. Lumayaaan lama juga .. Udah gitu lanjut masak nasi. Hiks ... Lembek banget kayak bubur plus ada yang masih gigih. Lauknya kornet, sisa udang kemaren, dan kacang kaleng. Weleeeh .... Kesian ga seeeh .... Tapi lumayan lah daripada ntar siang ngga dapet makan

Kita dijemput sama supir plus mobilnya Mercy 16 seaters jam 8 pagi. Guide kita namanya Lutdi. Ngobrol-ngobrol itinerary selama 5 hari di Vietnam. Hari ini jam 9 kita berangkat ke Delta Sungai Mekong. Perjalanan memakan waktu 2 jam. Mobilnya luas jadi Fira bisa tidur selonjoran ... Anak-anak masih pada capek jadi lumayan lah tidur pagi.
 Sampai di Mekong ... Kita menuju Visitor Centre. Diterangkan rute perjalanan dan kenalan sama tour guidenya. Btw, tour guidenya jago juga nyanyi Madu dan Racun hihihi.
Sebaiknya pips di visitor centre karena WC nya lebih bersih daripada di pulau ...

Kita menuju pulau Unicorn - pulau yang paling besar - kira-kira 10 menit pakai perahu tempel. Selama di perjalanan kita diterangkan tentang 4 pulau yang ada di delta Mekong, jumlah penduduk pulau, jembatan penghubung antar provinsi, dll.

Setelah sampai di pulau, kita lanjut lagi naik sampan ... . Lucuuuu banget. Aku suka banget

pemandangan disini. Menyusuri anak sungai mekong menuju perkampungan terdekat. Sungainya kecil dan dipinggir sungai ada pohon-pohon nira plus ikan-ikan glodok. Subhanallah ....

Sampannya dipandu oleh 2 orang laki dan perempuan. Biasanya mereka suami istri. Good idea yaaah .... Trus Kita dipinjami topi bambu ala vietnam jadi ngga kepanasan. Interesting ... Karena sungainya kecil jadi sampan itu sering bertabrakan jadi jangan sampai deh kita meletakkan tangan di pinggir sampan bisa-bisa kepencet sama sampan lain

Di tengah sungai ada pelabuhan tradisisional ... Kita turun disana. Mulai jalan lah kita menuju perkampungan tersebut. Jalannya lucuuu ,, kecil, jalan setapak, dan disediakan sepeda bagi yang mau naik sepeda. Kiri kanannya banyak ditanan buah tropis dan di pohon2 tersebut ada yang dipasang hammoock. Jadi siapa yang mau beristirahat ,... Monggooo silakan tiduran. Anak anak heboh pada coba tiduran di hammoock.

Perjalanan di lanjutkan menuju tempat makan. Kita disuguhi buah buahan tropis (rambutan, sawo, nanas, pisang dan buah naga) plus bumbu asamnya. Kalau kita mau tambah ... Tour guidenya kasih kita lagi .... Hmmm sawo nya manissss banget. Sambil kita makan buah dan minum teh pandan kita menikmati lagu khas vietnam plus alat musik petiknya. Merdu juga walau nggak ngerti. Mereka pakai baju khasnya Au Dai.

Beres makan buah, kita shopping the shooping .... Hihihi. Sibuuuuk beli tas .. Murah bangeeet ... Gila deeh. Masa tas bikinan tangan hanya $ 2,5 atau 20 rb rupiah. Beli oleh-oleh deh jadinya .... Selain beli tas, kita juga beli buah tropis yang baru dipetik dari pohon. Waaah enaaak dan manis. Kita beli lengkeng 1 kg 20.000 vnd dan srikaya 30.000 vnd.

Beres belanja, kita lanjut ke pabrik pembuatan dodol dari kelapa. Proses pengupasan kelapa, pemerasan kelapa menjadi santan, penggodogan santan jadi dodol, pencetakan, pemotongan, dan terakhir kita boleh menyicip dodol yang masih hangat. Enak juga tapi maniiis banget. Harganya 25rb tapi kita ngga beli abisan manis banget.

Tour berlanjut ke peternakan lebah ... Wiiih kita cuil madu dari sarangnya langsung. Pertamanya sereeeem ... Takut disengat tapi lebahnya bersahabat koq ternyata. Hihihi. .... Trus kita dipersilakan duduk .. Dan kita dibuatkan minuman khasnya madu campur bee pollen, jeruk dan teh. Hmmmm .... Enaaaak !!! Segeeer banget. Abis 3 gelas kecil .... Disana kita lanjut makan bekel yang kita bawa dari rumah. Dan pulangnya kita beli madu 5 botol gratis 1 @ 80,000 vnd

Seruuu banget wisata mekongnya .".. Anak anak happy banget ... Menyelamatkan lebah yang kejebur di air. Lebah beterbangan seperti lalat kalau di Indonesia. Berhubung mereka ngga menyengat jadi kita anteng-anteng ajaaa .....

Beres tour kita kembali lagi ke visitor centre ,.,, dan kembali belanja hihihih .... Anak anak beli topi, bapaknya juga, aku beli dompet sulaman. Aduuuuuh cantik cantik banget deh sulamannya. Mereka rajin banget siiiih, detail dan  rapih
pula.

Beres belanja ,... Kita pulang. Perjalanan pulang kita kembali tiduuuurrr ... Bangun bangun udah di masjid Thanh Duong Hoi Giao Cho Lon di distik 5. Daerah pecinan. Sholat jamak qasar dzuhur ashar dan lanjut lagi menuju supermarket di distrik 1. Nama supermarketnya Thung Xa Tax. Di toko ini kita bebas belanja tanpa tax. Barang barangnya pun boleh ditawar (selain yang di supermarket). Kemaren gw ngeliat sendok dari tanduk rusa. 10 pieces nya 300.000 vnd. Tapi belum beli, siapa tau di Benh Thanh lebih murah. Kita bebas sampai dengan jam 6. Belanja bahan makanan dan look around plus tukar uang  100 usd : 1.080.000 vnd. Eh ... Begitu kita ngumpul jam 6 sore ... Ternyata kita dapet info kalau kita diundang makan malam sama Konjen Indonesia di Vietnam.

Sampai hotel ... Brak brik bruk ... Mana lantai 5 plus bawa barang dan dikasih waktu hanya 30 menit buat mandi dan ganti baju. Hhihi ... Heboooooh !!!!!

Tepat jam 18.40 kita berangkat menuju Warung Pho. Konjennya udah duluan nyampe dan nunggu kita. Tapi masya allah ... Menunya menu campur ... Resto nya menyediakan menu babi .... Akhirnya kita dipilihin makanan yang nggak pakai babi.... Bismillahirrohmanirrohiim

Semangkuk besar banget plus daun daunan dan cabe mabok plus tauge raksasa. Ahamdulillah habiiiissss .... Abel juga banyak makannya. Hanya fira yg ga habis. Minumnya jus sirsak. Enaaak .... Semoga baik baik saja menunya.

Beres dari sana, anak anak diturunin di hotel, sedangkan kita lanjut ke mall dan pasar di pinggir behn than market...