02 - TURKEY

Avanos, Kota Tembikar Jaman Hitties


Kalau jalan -jalan ke Cappadocia, tidak ada salahnya mampir ke kota Avanos. Kota ini tidak terlalu besar dan tidak jauh dari Göreme . Palingan jaraknya hanya 10 km dari Göreme.  Kota ini dialiri sungai terpanjang di Turkey, yaitu Kızılırmak (Red River) dan hal yang terkenal di kota ini adalah sejarahnya tentang pottery / kerajinan tembikar. Aku suka warna tembikar Avanos, yang berwarna cerah dan padat. Ternyataaa ... Asal lempungnya dari sungai Kızılırmak dan bahan ini sudah digunakan sejak jaman Hittite untuk membuat peralatan rumahnya. Hmmmm .. Baru tau ☺️☺️

Menurut infomasi, Avanos juga populer dengan kota tuanya, dimana ada beberapa rumah tua tradisional Ottoman dari batu dengan dekorasi motif dan mural kuno. Selain itu, ada Museum Rambut yang isinya sampel dari 16.000 wanita di seluruh dunia, lengkap dengan nama dan alamatnya. Ada-ada aja yaaa ☺️☺️. Museum ini didirikan oleh Chez Galip, seorang pengrajin gerabah. Ternyata awal idenya adalah sejak Galip ditinggal pergi oleh teman wanitanya. Sebelum pergi dia meninggalkan sejumput rambutnya agar Galip selalu ingat dengan dirinya. Walhasil, cara ini diikuti dengan teman-teman Galip dan pengunjung workshop pottery yang lainnya. Tapi siiih kita ngga wajib meninggalkan sejumput rambut koqs kalau kesana 😄.

Pada hari Jumat, di Avanos ada pasar kaget yang menjual buah, makanan, dan barang-barang lainnya. Seru ajaa siih liat suasananya, meski  barang yang dijualnya sih biasa aja.  Kita hanya beli kilim dan buah strawberry aja buat cemilan.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.