02 - TURKEY

Ribuan Merpati di Pigeon Valley, Cappadocia

Pigeon Valley (Güvercinlik vadisi)

Suka dengan burung merpati ?
Naaah di Cappadocia ada suatu tempat yang banyak banget burung merpatinya. Mereka beranak pinak disana. Nama tempatnya Pigeon  Valley. Worth to get there 😊

Pigeon Valley posisinya antara Göreme dan Uçhisar. Tempatnya memanjang gituuu sepanjang ngarai. Fantastic view 😍😍. Sepanjang mata memandang hanya ngarai, bangunan yang dipahat di dinding ngarai, dan merpatiiiii. Di dasar lembahnya ada tracking buat jalan. Rasanya pengen turun kebawah, tapi ngga memungkinkan karena kita pergi kesana satu rombongan besar dan ada anak kecil.

Kenapa dinamakan Pigeon Valley ? Karena memang begitu adanya. Ngarai itu seperti lembah burung merpati. Ribuan rumah burung merpati disana, mereka hidup disana sejak jaman dulu banget. Meskipun banyak ditemukan burung merpati hampir di semua tempat di Cappadocia, tapi di Pigeon Valley ini lah komunitas mereka yang paling banyak. Sarangnya dapat ditemukan dimana saja, di tempat-tempat yang kosong, misal di rumah gua, gereja tua.

Burung ini memang dilestarikan di Cappadocia, selain buat makanan, kotorannya pun dipercaya dapat menyuburkan tanah dan mengurangi penggunaan pupuk kimia. Bahkan petani lokal sangat percaya bahwa reputasi buah asli Cappadocia yang sangat manis dan enak itu karena diberi pupuk dari kotoran burung merpati ini.

Masuk kesini, gratis. Palingan hanya bayar parkir kendaraan. Ada toko souvenir disini dan tea house. Nice view, sambil ngeçay, sambil lihat pemandangan ngarai. Lain kali kesini wajib tracking di lembah Pigeon Valley. 😇

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.