02 - TURKEY

Musim Gugur di Atatürk Arboretumu

22 Oktober 2017
Musim gugur telah tiba 🍂🍂☺️. Brartiii saatnya mencari daun-daun kuning hehehe. Somehow daun kuning itu keren kalau dijadikan objek foto.  Di Istanbul, tempat yang banyak daun kuning yaa di Atatürk Arboretumu. Kalau di luar kota ada lagi tempat daun kuning yang super keren (katanya orang, kita belum pernah kesana) namanya Yedigoler. Someday mau deh kesana, camping ... 😄😇

Atatürk Arboretumu itu posisinya di Istanbul sisi Eropa, daerah Bahçeköy , Sarıyer di dalam Hutan Belgrade. Dari rumah, perjalanan memakan waktu 1 jam. Baru nih kali ini kita jalan-jalan ke park tapi ngga bawa makanan buat piknik, sebab disana ada peraturan kalau makanan dan minuman tidak boleh dibawa masuk.  Hehehe hanya disini nih aturan kayak gini, park yang lain bebas malahan disediain meja dan kursi buat pikniknya. Tapi teuteuuup yang namanya emak-emak selalu khawatir pasukan kelaperan. Jadi bekel teh, air putih dan bubur kacang hijau sih ada di dalem tas. Berharap lolos dari petugas aja.  😇
Tiket masuk Atatürk Arboretumu, untuk weekend lebih mahal daripada weekday. Weekend (dewasa TL 10, anak TL 5). Weekday (dewasa TL 4, anak TL 2). Antrian di pintu masuk masih sedikit karena kita dateng pagi sebelum orang Turki pada bangun. Hahaha. Jadi parkir mobil juga masih gampang plus ngga macet.. Kalau udah siang waah jangan harap deh dapet parkir deket pintu masuk. Siap-siap aja jalan 1-2 km menuju pintu masuk.

Selidik punya selidik, pantesan masuk Arboretum itu bayar, sebab bukan punya pemerintah melainkan punya Fakultas Kehutanan Istanbul University.  Wajar deh, mesti pendapatannya dipakai buat kepentingan hutan juga. Right ?
Wajar juga disana banyak larangan seperti dilarang bawa makanan dan minuman, dilarang merokok, dilarang bawa sepeda, dilarang bawa hewan dan dilarang piknik. Sebab Arboretum ini adalah botanical garden atau musium segala jenis pohon yang berasal dari Turki dan luar Turki. Koleksi yang paling keren menurut aku adalah koleksi pohon Oak dari seluruh dunia.

Kalau di Indonesia, seperti Kebun Raya Bogor deh. Seger banget udara di Atatürk Arboretumu. Banyak pohon dan 3 danau besar. Ada bebek, angsa, kura-kura dan anjing liar dimana-mana. Really like this place ....

Disini selain menikmati udara segar, kita juga bisa belajar ilmu tentang pohon. Hehehe sejujurnya aku ngga paham sama yang namanya  pohon. Seneng aja liatnya tapi ngga hafal namanya. Banyak banget lah pohon disini secara luasnya 286 hektar. Pohon langka juga ada. Sebagian pohon dikasih nama dan kita diajarin juga untuk menghitung usia pohon dengan cara menghitung lingkar kehidupan pohon. Oh iya, just info aja garden ini dibuat oleh Prof Dr Hayrettin Kayacık dari Fakultas Kehutanan Istanbul University pada tahun 1949.

How To Get There kalau pakai kendaraan umum :
Naik metro M1 metro ke arah  Hacıosman, lanjut naik bus 42HM ke Bahçeköy. Lanjut jalan kaki beberapa menit  ke arboretum.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.