06 - MAROCCO

Last Day in Casablanca


Masjid Hassan
 1 November 2016
Pagi-pagi rencana mau ke Masjid Hassan dan cari merchandise di Old Medina. Jadi packing koper dulu dan sarapan, biar nanti kalo ke bandara ngga buru-buru. Pagi ini kita pergi bertiga aja, Fira ngga mau ikut. Kecapean dia jalan seharian kemarin. Check recheck kemarin kita jalan 15.000 langkah. hahaha.

Jam 8 kita udah cari taxi depan hotel. Baru ini kali ini kita dapet Petit Taxi yang baik dan pakai argo. Ke Masjid Hassan hanya 8 Dirham. Alhamdulillah ..... biasanya dapet taxi tukang tembak aja 20 dirham lah, 50 dirham lah. Ember deh ....
Masjid Hassan adalah masjid terbesar di Marocco, ketiga terbesar di Dunia setelah Masjid Haram dan memiliki minaret tertinggi (200 mt) di dunia. Muazin yang mau adzan, naik elevator buat mencapai minaret tersebut. Masjid ini dibangun pada tahun 1989 selama 7 tahun dengan arsitek Perancis Pinseau and Bouygues. Posisinya di Corniche Waterfront. Untuk masuk ke masjid ini harus beli tiket seharga 120 dirham (dewasa) dan 60 dirham (anak-anak). Tournya jam 9, 10, 11, dan jam 14. Orang muslim sih bisa masuk bebas asal di jam sholat.


Sayangnya kita sampai ke masjid jam 8.30 dan bukan di waktu sholat, jadinya pintu masjid pun ditutup. Tour pun belum ada. Jadi kita foto-foto aja depan masjid yang amazing. Sayang sih ... soalnya sebagian masjid ini dibangun di atas laut, dan ada lantai kaca masjid yang  tembus pandang sehingga kita berasa jalan di atas laut. Interior dalamnya pun katanya bagus, ada roof yang bisa dibuka, ada hamam, dan tile-tile yang cantik.

Kapasitas masjid Hassan adalah 25.000 orang. Wow ... bahkan kalau lapangan masjid dipakai sholat, bisa memuat 80.000 orang. Kebayang ngga sih bersihin masjid sebesar ini bagaimana. Kalau baca info, perlu 200 petugas kebersihan yang bekerja 7 hari dalam seminggu.

Beres liat-liat masjid kita lanjut cari souvernir di Old Madina. Akhirnya siang-siang juga deh nyusur labirin Medina hehehe. List belanjaku ngga banyak, hanya Argan Oil, tas kulit, babbosh shoe kulit, dan karpet kecil. Yang pertama nemu adalah Argan Oil. Yess ... kita dapet yang asli dan dikasih juga Argan nya. Khasiatnya buat menghilangkan spruten di wajah dan menyuburkan rambut. Orang yang punya Apotik juga baik. Dia nasehatin kita tentang belanja di Medina dan minta tolong adiknya buat anter kita ke toko Baboosh Shoe. Baboosh Shoe kulit lumayan harganya 100 dirham. Argan Oil juga 100 dirham. And then ... kita jalaaan lagi cari-cari toko tas. Kebanyakan produk tas kulit yang pasaran disini kulitnya tebel-tebel trs kurang rapi jahitnya. Modelnya juga biasa aja. Ada toko yang agak mahalan, lumayan sih tapi mahal juga. Nanggung mending beli sekalian aja di mall. Udah mulai hopeless, eh ..... emang rejeki ngga lari kemana. Iseng masuk toko yang agak gelap, trs nemu tas kulit digeletakin aja gitu di bangku. Begitu liat langsung naksir. Ahahaay ... mana rapi dan bagus modelnya. Kita liat lagi koleksi tas dia, beneran rapi jahitnya trs pakai kulit kambing muda yang lembut. Akhirya kita beli 3 tas disana. Abel Fira beli tas ransel gaul @150 dirham (TL 50) dan 1 backpack 250 dirham. Puas rasanya belanja hari ini. Berhasil


Yang punya toko juga baik, dia muslim dan sedikit bisa bahasa Indonesia. Beres belanja kita malah dikasih bonus 2 pocket kecil kulit dan ikat pinggang kulit yang didiskon 50%. Terakhir .... bapak yang punya toko nunjukkin kita cara bikin Mint Tea. Yeeeiyy .... dari kemarin pengen nyoba Moroccon Mint Tea, akhirnya kejadian juga. Enak ternyata ... Asli ! Bikin ah ntar di istanbul.
Mint Tea

Beres belanja kita balik ke hotel, mandi dan check-out. Supir udah siap di depan mau anterin kita ke bandara lagi. Berangkat jam 14.20 dan sampe Istanbul udah malem secara jamnya maju. Next time kalau ke Morocco lagi mau ke Marrakesh, Tangier, Fez dan Gurun Sahara ahhh ...




About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.