02 - TURKEY

Troya, The Ancient City & Legend

Troya
Day Two - Part Two
27 Januari 2018


Next agenda adalah ke Troy. Perjalanan kesana memakan waktu 30 menit.  Troy atau Truva adalah kota kuno yang posisinya di sebalah barat daya Turki. Awalnya kota Troya berada di pinggir pantai, namun saat ini bibir pantainya sudah maju sepanjang 5 km. Cerita Troya dikenal dalam buku Iliad karangan Homer dan dalam buku ini diceritakan tentang Perang Troya.
Pertama kali kita masuk situs Troya, kita masuk daerah Wilusa yang dulunya didiami oleh Hitties. Hitties yang  hidup pada masa Bronze Age tampaknya memilih posisi ini agar dapat mengontrol Dardanelle. Pada tahun  1200 SM, terjadilah Perang Troya dimana Hitties Wilusa berubah menjadi Hellenic Illion dan selanjutnya menjadi Troia. Penyebab perangnya ini yang masih pertanyaan, hehehe ... Nonton aja deh Film Troya nya Brad Pitt. Itu alasan Perang Troya berdasarkan bukunya Homer yang berjudul Iliad. Bener atau ngga nya yaaa ngga jelas. Apakah itu hasil imajinasi Homer atau memang Homer menjadi saksi hidupnya. Yang pasti tempat ini menjadi menarik karena cerita dalam buku tersebut plus legenda Kuda Troya nya.
Anyway, peristiwa penting yang terjadi berikutnya adalah pada tahun 1800an Troya digali oleh Heinrich Schliemann, seorang bisnisman dari Jerman. Dia bukan seorang arkeolog sehingga penggalian situs ini banyak yang rusak dan harta karun Troya pun dibawa ke German. Selanjutnya, karena German kalah perang pada PD-2, maka harta Troya pindah ke Rusia sebagai harta jarahan akibat kekalahan German tsb. Penggalian dan restorasi Troya masih belum selesai dan masih berlangsung hingga sekarang.
Dari penggalian ini diketahui bahwa Troya hancur dan dibangun kembali sebanyak 9X di posisi yang sama. Setiap lapisannya masih meninggalkan 'cerita' meskipun  penggalian Schliemann yang amatir merusak sebagian besar situs Troya. Dari penggalian ini didapatkan hasil bahwa cerita yang cocok dengan buku Iliad - Homer adalah di lapisan Troy ke 7. 

Ini foto-foto penggalian Troya :

Struktur Penggalian Troya I-IX
 Selesai menembus lorong waktu di Troya, kita jalan lagi ke Assos. Waktu tempuh dari Troya ke Assos ngga terlalu lama, hanya 1 jam perjalanan. Alhamdulillah dapet hotel juga disana. Persis di Assos Antik Sahil. Hotel ini tergolong kuno, dan kamar kita langsung menghadap laut. Like it !!



About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.