02 - TURKEY

Crystal Glass Terrace dan Mencilis (Bulak) Cave

Crystal Glass Terrace - Tokatlı Canyon
DAY 2 #Part One
17 April 2018

Hari ini kita rencana ke Crystal Glass Terrace dan Mencilis (Bulak) Cave kemudian lanjut ke Kota Amasra. Crystal Glass Terrace posisinya ngga jauh dari penginapan kita, 10 menit perjalanan palingan. Alamatnya di 78600 Tokatlı Köyü/Safranbolu/Karabük .

Crystal Glass Terrace
Di Safranbolu terdapat ngarai yang terkenal, namanya Tokatlı Canyon. Ngarai ini lebarnya 11 meter dengan kedalaman 80 meter. Begitu tiba di Desa Tokatlı, langsung terlihat bentangan ngarainya dan di atas ngarai dibuat glass observation deck yang bisa menampung 400 orang. Lantai kacanya terdiri dari 3 lapis dan setiap lapisan tebalnya 3 cm. 

Observation deck ini sangat kuat dan tidak akan hancur meski ditembakan roket sekalipun. Dari sini lah, kita bisa memandang ngarai dari samping kiri, kanan, depan dan bawah kaki kita. Awalnya gamang buat lihat ke bawah, apalagi ada anak-anak yang iseng lompat-lompat di sebelah gw. Hehehe. Lama-lama …. Cuek aja lah.







Di samping Crystal Glass Terrace ada restaurant yang pemandangannya langsung menghadap ngarai. Cocok deh buat orang yang belum makan dan doyan nongkrong. Bagi yang mau hiking, bisa juga menuruni tangga kayu yang langsung menuju dasar ngarai. Katanya di dasar ngarai, ada juga café kecil. Tapi siiih kita ngga turun ke dasar ngarai, cukup lihat dan foto-foto aja dari atas, sebab itinerary perjalanan kita masih banyak.

The Bulak (Mencilis) Cave
Posisi Gua Bulak berada di perbatasan antara Safranbolu dan Karabük. Sekitar 8.5km dari pusat kota Safranbolu. Gua Bulak memiliki 2 pintu masuk ; pintu pertama di tempat air gua mengalir dan pintu kedua berada di bukit sebelah kiri dari  gua. Kita masuk dari pintu gua yang kedua. HTM dewasa TL 6, pelajar TL 4




Untuk mencapai pintu gua, kita harus menaiki tangga yang cukup wow tingginya. Naik pelan-pelan aja, lama-lama juga sampe. D tengah perjalanan, disediakan tempat istirahat dan café keci buat melepas haus dan lelah. Pintu guanya ngga besar-besar amat dan jalanan dalam gua pun tidak kecil. Cukup lah buat kita beramai-ramai masuk gua dengan posisi badan berdiri tegak. 
 
 


 
 Panjang gua ini 2725 meter , namun kita hanya bisa masuk sepanjang 350 meter saja. Selebihnya harus bayar lagi dan menyewa perlengkapan caving yang memadai. Kita skip caving, karena memang ngga niat juga, plus guidenya Bahasa Turki hehehe, meneketehe deh ah. Cukup menikmati 350 mt mulut gua saja. Itu juga udah cantic banget, banyak stalagtit dan stalagmite. Oh iya, Gua Bulak ini merupakan gua terbesar ke-4 di Turkey.
 
 


 

 
 
 



About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.