02 - TURKEY

Rumah Tua Bergaya Ottoman di Safranbolu


16 April 2018


Tau bumbu Safron khan ? Yang katanya , bumbu Safron adalah bumbu termahal di dunia. Tapi emang mahal siih, 1 gram safron harganya sekitar 100rb. Paling hanya 3 jumput doang 😄

Naah .. Di Turki ada satu kota yg iklimnya cocok banget untuk ditanami tanaman Safron. Nama kotanya Safranbolu.  Perjalanan ke Safranbolu dari Istanbul sekitar 5,5 jam kalau naik mobil dan 1,5 jam kalau naik pesawat. Harga tiket bus sekitar TL 60-65. 

Selain terkenal dengan bumbu safronnya, Safranbolu terkenal juga dengan bangunan-bangunan tua khas Ottoman yang mulai berkembang sejak Ottoman menaklukkan Konstantinopel pada abad ke-11 dan akhirnya  Safranbolu menjadi kota kunci perdagangan Ottoman di abad ke-13. Yang menarik, bangunan-bangunan tua itu masih ada hingga saat ini, dan Safranbolu dijadikan World Heritage oleh Unesco. Kalau mau lihat arsitek bangunan Ottoman, dateng deh ke Safranbolu. Kataku, kota ini menarik ... Meski hanya 3 hari, aku udh naik turun bukit menjelajah sebagian perbukitan Safranbolu by foot. Pegel kaki, tapi hati puas. Kalau pakai mobil, kita ngga bisa lihat sampe ke dusun-dusunnya. Hehehe




Peta Safranbolu cukup mudah diingat, karena kotanya kecil, dan ada 3 distrik historis yang perlu didatengin kalau mau explore Safranbolu, yaitu :
💗Çukur , daerah old town, pusat pertokoan lama (Eski Carsi) yang dikelilingi oleh rumah-rumah dan workshop para pengrajin. Daerah Çukur, sangat cantik menurutku, karena berada di lembah dimana banyak rumah-rumah jaman dulu. Jalanannya juga sempit yang dibuat dari batu-batuan. Di daerah Çukur ini aku sempet explore , turun lembah dan naik bukit lagi. Bagian terendahnya ada sungai. 
Köprülü Mehmet Pasha Camii





💗Kıranköy, dulunya adalah daerah non muslim. Rumahnya dibuat dari bebatuan, berbeda dengan rumah kayu di daerah Çukur
💗Bağlar (the Vineyards), adalah daerah perumahan musim panas (summer resorts). Rumahnya besar-besar dan masing-masing  ada halaman pribadinya. Posisinya di atas bukit, jadi kalau malam hari, pemandangan lampu kota kelihatan dari sini. Penginapan kita di daerah Bağlar. Jadi sempet deh, ngerasain nginep di rumah tuanya Ottoman. Kita dikasih 2 lantai lengkap dengan dapurnya masing-masing. Nice house and nice view. 




Kalau mau lebih explore lagi, cobain naik dolmus. Kendaraan umum yang banyak lalu lalang di Safranbolu. Kita udah coba dua jalur, pertama dari Eski Carsi ke arah Baglar dan dari Eski Carsi ke arah Yeni Carsi.  Menarik .... 

Di Old City, selain pertokoan, ada juga tempat- tempat yang wajib dikunjungi :
💗Cinci Hamami, adalah hamam yang dibangun pada abad ke-17 atas perintah Cinci Hodja. Arsiteknya adalah arsitek terkenal pada masanya, yaitu Kasim.  Sedangkan Cinci Hodja sendiri adalah seorang Guru Besar salah satu universitas, Kadi / Hakim Galata, Kepala Hakim Miiter Anatolia, dan salah satu kawan dari Evliya Celebi. 


💗Cinci Hanı, dulunya Karavan Saray sekarang berubah menjadi hotel yang berada di pusat kota tua. Tapi siih waktu ke Cinci Hanı , sepertinya hotelnya sudah ngga berfungsi lagi. Lantai 2 yang difungsikan sebagai kamar hotel, sepiii dan ngga ada satupun kamar yang terisi. Kita take a pic aja dari lantai 2. Kalau di Lantai 1 (dasar), kamar-kamarnya difungsikan sebagai pertokoan dan restoran kecil. Masuk kesini bayar TL 1. 



Lantai Atas
💗Kaymakamlar Müze Evi yang lokasinya tepat berada di atas Bastoncu Pansiyon (sebelah Tenggara Cinci Hanı). Kita ngga nemu tempat ini. Hanya nambahin catetan dari internet aja, siapa tau ada yg berminat kesini atau next time kita ke Safranbolu lagi, nyempetin deh mampir kemari.


💗Hıdırlık Tepesi, posisinya tepat di puncak bukit. Ngos ngos an deh naik ke atas sana. Harusnya siih kesana itu malam hari, jadi kita bisa lihat pemandangan lampu kota. Tapi ini kita malahan siang hari.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.