07 - SINGAPORE

Singapore Journal #1 Mall to Mall

JOURNAL SINGAPORE

Rabu, 1 September 2010
Jam 12.30, berangkat ke Soeta. Agak macet tapi oke laah. Nyampe bandara kita langsung masukin bagasi. Trus ngurus fiscal dan imigrasi. Off we go ……

Brangkat pake SQ pk. 17.00. Hanya bertiga karena suamiku udah berangkat duluan hari Selasa kemaren. Pertama kali naik pesawat sambil shaum Ramadhan. Isi tas cabin kita adalah tempat bekel 4 dan tempat air … hahahaha. Begitu makanan dateng, buru-buru deh tuh makanan dan minuman kita pindahin ke tempat bekel. Ngga mau rugi … xixixi. Daripada kudu beli makanan lagi pas buka puasa nanti pan mendingan tinggal buka perbekalan.

Alhamdulillah langit cerah dan urusan kedatangan lancar. Begitu keluar imigrasi, suamiku juga udah jemput. Siiiiip deh !! Sambil nunggu Fitri nyampe, kita makan perbekalan. Kasian juga anak-anak. Buka puasa baru minum air aja. Makan malamnya terlambat banget. Walhasil, perbekalan habis masih lanjut beli Spaghetti Seafood SGD 8.50.

Fitri brangkat pake Air Asia jadi nyampe di Terminal 1. Yo wisss kita menuju terminal 1 pake Skytrain. Ehhhh, ditungguin sampe jam 22.30 masih belom muncul juga padahal harusnya udah nyampe dari jam 20.30. Duuuuuh mana ngantuk, cape, laper. Busyeeet deh !! Ternyata dia nungguin kita di dalam sedangkan kita di luar. Yaaaa mana bisa ketemu. Gubrakks deh !

Di Singpore, kita dipijemin Apartment di Bukit Batok. Dari Changi menuju Apartment The Dew – Bukit Batok pake taxi. Lumayan jauh ternyata, ongkosnya SGD 25. Tapi, asyiiik tempat tinggalnya enak plus ada kolam berenangnya. Di apartment kita langsung masak nasi untuk sahur besok dan nasinya kita bawa ke Holiday Inn – Orchard. Untungan anak-anak mau di tinggal di apartment,  kita brangkat lagi ke hotel pake taxi.

Kamis, 2 September 2010
Sahur …. Meni teu pararuguh. Pertama makanan belom dianter ke kamar pada jam sahur. Kedua masih tunduh. Yaaa sud makan seadanya. Nasi segepok dan paru (sisa makanan Padang yang beli di Kranggan) seemprut. Ngga berapa lama, nasi goreng pesanan dateng juga. Alhamdulillah kenyang jugaaa ….

Beres sahur, tidur lagi … ngantuuuuks !! Suamiku brangkat jam 8 ke kantor. Aku bermalas-malasan. Lumayaaan setelah berminggu-minggu kayak gasing hari ini bisa jadi patung. Ngga ada tugas, ngga ada target, dan ngga ada permintaan. What a wonderful life
Nonton, mandi, dan leyeh-leyeh tanpa diwaktu. Hmmm. Gapapa deh sesekali. Ngga sering juga me time nya :D

Jam 11, ready to go. Cek ricek peta dan jadwal bus. Jalan deh sendirian. Enak jugaaaa … mencium hawa kebebasan … hahaha. Dari Holiday Inn, jalan ke bus station di Somerset. Trus naik bus 174 menuju Bukit Batok. Nyampe di Keming Pr Sch Station. Jalan lagi ke The Dew. Nyampe deeeeh, muraaah ongkosnya hanya SGD 1.40

Nyampe apartment … nak-anak udah pada tereak “Mamaaaa …. Lama bangetttt !! Ayo kita jalan-jalaaaan “ Oke deeh, sore ini kita survey pertokoan di daerah Bukit Batok dulu. Menyenangkan ternyata tokonya banyak dan beragam. Ada Fair Price, Save and …, Toko Roti Halal, Flea Market, Value$, dll. Mulailah kita belanja ransum, beli susu, sosis, sayur, dan roti. Total SGD 20.

Malem ini, suamiku pulang ke apartement. Sayang juga hotelnya ngga dipake tapi anak-anak susah banget diajakin brangkat. Sampe jam 21.30 aja masih bermalas-malasan. Ya suuud nginep di apartment aja.

Jumat, 3 September 2010
Pagi-pagi setelah sahur dan shalat shubuh kita berangkat menuju Holiday Inn naik MRT dari Bukit Batok. Sekalian top up EZ Card @SGD10. Wuuuiiih jalannya lumayan jauh mana nanjak lagee. Cape juga. Naik MRT kurang lebih 1 jam. Anak-anak pada tidur semua.

Anyway, nyampe juga di MRT Somerset. Dari sana kita langsung menuju hotel. Suamiku langsung siap-siap brangkat ke kantor. Di hotel, anak-anak pada menikmati mandi paginya. Sedangkan gue menikmati kasur. Sweet dream. Jam 13.00, kita check out trus titip koper ke concierge and then lets go to the Orchard Road
Orchard Road adalah nama jalan yang kiri kanannya penuh dengan mall-mall. Panjangnya 2,2 km. Konon, 150 tahun yang lalu, jalanan ini adalah jalanan kecil yang kiri kanannya ditumbuhi pohon buah Orchard, kebun kemiri dan lada. Pada tahun 1850an, suasana yang tenang ini berubah menjadi kota. Banyak penduduk yang pindah ke jalan ini, dan mulai lah dibangun pasar, rumah ibadah, kuburan. Tahun 1903, Orchard Road mulai hidup dengan supermarket pertamanya di lokasi The Centrepoint sekarang. Tahun 1958, dibuka department store pertama oleh C.K. Tang. Tahun 1970, mulailah pembangunan mall yang lebih besar, bowling alley, dan bioskop. Begituuu critanya ... Jadi yaa kita jalan di bekas kebun-kebun Orchard, kemiri dan lada. Inget cerita nenek, dulu sekitaran tahun 70-80 kalau belanja yaa ke Singapore. Tinggal loncat katanya. Ampir tiap bulan ke Singapore, beli underware aja disini.

Sepanjang jalan Orchard, kita sering berenti. duduk – jalan lagi. duduk – jalan lagi. Hehehe. Begini deh kalo jalan sama anak-anak. Kudu sabaaaar padahal mata dan kaki gue udah jelalatan kemana-mana. Kasian juga mereka pada shaum.  Anak-anak nemu boneka lucu trus ke Paragon nemenin mereka cari mainan ke Toys ‘r us Trus ke Lucky Plaza cari buku dan souvenir. Sore-sore udah pada teler mana bus stationnya jauh lagi. Ya apa boleh buat puasa-puasa teuteuuup jalaaaan.

Nyampe The Dew udah mau maghrib. Mama dan Papa bentar lagi nyampe. Ini kloter ketiga Mama dan Papa naik Air Asia dan nyampe apartement jam 18.00an. Tinggal Anti yang belom dateng. Dia nyusul setelah lebaran.

Sabtu, 4 September 2010
Naaaah akhirnya bisa shopping jugaaaa. Kita naik bus ke Alexandra Road, mau blanja ke IKEA. Shopping list sudah lengkap !! off we go

Kenapa aku suka IKEA ? karena barangnya simple dan modelnya klasik. IKEA ngga ada sih yaa di indonesia. Jadi kudu nyari di Singapore. Trs kedua, harganya agak mahalan sedikit aja dari barang-barang di Indonesia. Yaa mendingan aku cari barang di IKEA. Hehe. Rencananya siiiiy blanja barang buat isi apartement Kalibata, Alhamdulillah nemu barang-barang yang lucu ‘secara katalog IKEA udah ada di kepala gue getoo’ hahaha. Tapi seperti biasa yang di shopping list apaaa ehhh yang dibeli apaaa

Good idea kalo baca cerita IKEA. Perusahaan yang dibuat oleh Ingvar Kamprad (Swedia) rancangan furniturenya ready-to-assemble, ga perlu repot bawa furniture segede gaban pulang ke rumah. Malah seru kita belajar jadi 'tukang mebel' di rumah sendiri. Modelnya pun simple, eco-friendly, dan pinter tekan harga untuk kualitas yang sama. Gampang padu padan soal interior rumah jadinya.

Minggu, 5 September 2010
Rencana hari ini adalah ke Mustafa Centre. Mustafa Centre adalah toko segala rupa yang buka 24 jam. Lokasinya di Little india.  Mau beli apa juga ada disini, harganya juga oke. Dari mulai kain, baju, obat, makanan, perhiasan, peralatan rumah tangga sampai souvenir ada disini semua. Dari Bukit Batok kita brangkat naik bus langsung berenti di Mustafa. Lumayan deeeh. Ngga usah pindah-pindah bus. Kalau naik MRT, tinggal naik North East Line dan berenti di Farrer Park Station. Jalan kaki dikit, nyampe deh Mustafa Centre.

Di Mustafa beli makanan yang susah dapet di Indonesia.  Beraaat banget !! Untungan pergi barengan suami, anak-anak tinggal di rumah sama Akinya. Busnya penuh dan setengah perjalanan kita pada berdiri. Jalan dari Mustafa ke Bus Stationnya juga jauh belom lagi  bawaannya juga banyak. Thanks god anak-anak pada ngga ikut. Kasian juga kalo pada ikut soalnya pasti kecapean dan kehausan. Mereka mendingan pada berenang aja

Kita janjian sama Fitri dan Mama jam 18.00 ehhh tapi meleset. Mereka salah jalan di Mustafa. Walhasil kita nunggu lama. Yaaaa daripada nunggu lama mendingan gue ke Traditional Market aja deeeh berbaur dengan India-India itu. Pasar lagi rame, jualan juga banyak, dan mau lebaranan pula. Penuh banget pasarnya. Tapi lumayan deh, gue nemu anggur dan udang jerbung 0.5 kg = SGD 4. Pulang dari Mustafa jam 18.30. jadi kita buka puasa di bus deh.

Senin, 6 September 2010
Anak-anak protes karena ditinggal terus di apartment … oke deh !! Kita look around at Vivo City Mall. Dari bukit batok kita naik bus yang langsung menuju Harbour Front Bus Station. Rapi dan teratur  deh station disini  plus ngga bau knalpot. Dari station sudah disiapkan jalan khusus menuju Harbour Front. Kita tinggal mengikuti arah aja … masuk-masuk udah mall.

Mall VivoCity adalah mall terbesar di Singapore rancangan arsitek Jepang Toyo Iki. Lokasinya di Harbour Front, persis di pinggir laut dan ada pelabuhan laut yang dari Batam. Nice Singapore ! Dari Harbour Front ada skyway menuju Vivo City … udah mulai tuh jualan dimana-mana. Nemu toko souvernir yang bagus, unik, dan bagus. Lumayaaaan … nemu oleh-oleh dompet kecil dan buat guru Fira SGD 17.

Begitu nyampe Vivo, anak-anak udah langsung ajah ke Toys ‘r Us. Lamaaaa bgts ! Beres dari Toy’s ur Us sih aku mah mendingan ngeluyur sendiri ngeliatin isi Vivo. Beberapa kali kesini ngga sempet look around soalnya. Masuk toko Tangs yang lagi sale. Wuiih seru juga niih yang pertama dicari adalah dompet trus tas. Ada sih yang dikecengin tapi ntar dulu deeeh … pikir-pikir dulu. Toh masih lama di Singapore.