03 - THAILAND

Golden Palace , Bangkok

Kamis, 24 Februari 2011

Golden Palace


Hari ini rencananya mau pergi ke Golden Palace. Pagi-pagi masak dulu, siapin bekel makan siang (secara resto halal susah ditemui :( ). Sekitar jam 9 baru deh gue berangkat. Banyak juga yang dibawa ... Hehehe. Kamera, guidance, minum, makan siang, payung, mukena. Lumayan berat si tas merah teh ... Gapapa deh daripada menyesal ... Off we go !


Berangkat pakai BTS dari Chit Lom ke interchange Siam. Lanjut menuju Saphan Taksin. Ngga jauh dari Saphan Taksin ada tuuh si pelabuhan sungai namanya Central Pier. Enak juga pergi sendiri. Mau jam berapa, mau bawa apa, mau naik apa. Semuanya terserah gue Hihihi. Jalan santai, lihat kiri kanan, merhatiin orang-orang


Di Central Pier, yaaa look around dulu. Merhatiin caranya, merhatiin maps plus catet-catet dikit nama pier nya ... Hehehe. Maklum pergi sendiri jadi harus aware dengan keadaan sekeliling ... Takut nyasar judulnya :D Beli tiket yang all day supaya kalo mau jalan kemanapun bisa tanpa harus beli tiket lagi. Harganya 150 baht.

Chao Phraya River

Chao Phraya River


Di boat, tiket yang kita beli dicek sama kondektur kapal dan disobek. Gue duduk di dek kanan depan jadi bisa liat-liat pemandangan sepanjang sungai. Chao Phraya River lebar juga. Sebelah kiri dan kanannya banyak hotel-hotel yang bagus, cafe pinggir sungai dan kampung China. Kalau yang daerah hotel siiih baguus, bersih, teratur, dan seruuu ... Cafenya juga romantic ... Qkqkqk. Bayangin candle light dinner, makan di pinggir sungai sambil lihat perahu-perahu yang lewat kayaknya seru bangeeettt !!! Sebaliknya, kalau di kampung China ... Wuiih ... Gelep, kumuh, berantakan ... Tapi masih bagusnya yaa ga banyak sampah. Beda deh sama sungai-sungai di Indonesia. Wisata air Chao Phraya ... Boleh juga deh buat refreshing.
Maharaja Pier
Setelah 20 menit naik boat, akhirnya gw sampe di Maharaja Pier. Orang-orang yang mau ke Golden Palace pada turun di pier ini. Begitu kita turun ada map yang mengarahkan kita ke Golden Palace. Tapi yaaa rata-rata orang yang turun disini pada mau ke Golden Palace jadi akhirnya gue ngekoooooor saja. Orang nyebrang yaa gue ikutan nyebrang. Orang belok kiri yaa gw ikutan belok kiri. Hehehe. Ngga terlalu jauh siih dari pier tempat kita berhenti. Jalan sekitar 10 menit. Tapi berhubung udaranya panas yaa berasa juga keringetan. Yang pasti tas merah gue mulai berasa beraaat !! Hiks ... Sampe juga di Golden Palace. Terakhir kali kita kesini waktu anak gue umur 2 tahun. Pipinya sampai kayak tomat. Merah karena kepanasan ... Kasian juga siiy tapi yaaa mau gimana lagi ... Hehehe Tiket golden palace harganya 350 baht.
Grand Palace

Grand Palace komplek dibangun tahun 1782 dan bukan hanya sebuah tempat tinggal kerajaan, tetapi berisi juga beberapa bangunan pemerintahan dan sebuah kuil/candi Emerald Budha. Luas komplek ini 218,000 meter persegi dan dikelilingi 4 buah tembok dengan total panjangnya 1,900 meter.

The Royal Monastery of The Emerald Budha

Pertama ke The Royal Monastery of The Emerald Budha. Orang Thai banyak yang beragama Budha. Sembahannya yaaa patung Sidharta Gautama itu. Di salah satu tempat di Golden Palace ini ada tempat dimana patung Sidharta Gautama-nya terbuat dari emas. Patung Emerald Budha dipahat dari sebongkah batu permata hijau (green jade) dan pertama kali ditemukan tahun 1434 di dalam sebuah stupa di daerah Chiang Rai. Saat itu patung tersebut dilapisi gips dan dianggap sebagai patung Budha biasa. Tetapi ketika seorang kepala biara menemukan gips dibagian hidung Budha mengelupas dan dibaliknya ditemukan permata hijau. Kepala biara tsb menyadari bahwa batu tersebut adalah batu zamrud (emerald) dan setelah itu legenda tentang The Emerald Budha berkembang.

Emerald Budha in Summer Costume

Patung ini sempat berada di Laos selama 226 tahun sebelum akhirnya Raja Rama I membawanya kembali ke Thailand tahun 1778. Saat Raja Rama I membangun kota Bangkok, ia mendirikan rumah khusus bagi patung Emerald Budha. Sampai sekarang, kuil ini tetap berfungsi sebagai tempat ibadah bagi masyarakat Budha di Thailand.

Kalau merhatiin mereka beribadah yaaa bias dibilang khusyu juga. Penasaran juga kepengen tau bagaimana ritual ibadah agama lain. Just for my info aja. Ambil air, ambil batang teratai dan batang teratai itu dicelupin ke air trus dikepretin ke kepala. Turist juga banyak yang ikutan ritual seperti itu. Aku siiih hanya ngeliatin aja. Setelah itu baru mereka masuk ke dalam kuilnya. Ornamen di dalam kuil baguuus. Detailnya itu yang bikin bagus. Aku sempet juga duduk di dalam kuil, merhatiin mereka beribadah. Hari ini, patungnya lagi pakai baju musim panas. Hiasan di pinggir patungnya juga banyak banget. Kayaknya gue satu-satunya orang yang pakai jilbab disana .... Hehehe.

Golden Palace ... Panaaaass banget ! Mataharinya terik banget. Jalan-jalan di kuil itu sambil pakai payung, pegang camera, pegang kertas buat catetan, sambil gendong tas. Hahaha meni riweeeuuuh tapi berhubung pergi sendirian jadi aku menikmati aja.  Kalo ada anak-anak pasti mereka protes berat. Udah panas, ga ada yang dilihat, dan kali kurang menarik kalau buat mereka. Tapi kalo gue ... Apa yang ada di peta gue puterin semua. Hahaha. Lumayan juga luasnya Golden Palace .... Sayang khan udah kesini tapi ga berputar. Ngga mau rugi judulnya .... Yaaa siapa tau ngga kesini lagi pan jadi gue ngga penasaran. Hehehe.

Di  teras kompleks Grand Palace ada 4 monument yaitu :
1. Tempat penyimpan peninggalan kerajaan berupa Chedi (candi) atau pagoda yang terbuat dari emas.

Chedi
2. The Mondop, gudang penyimpanan naskah daun lontar


The Mongdop

3. Miniatur Angkor Wat yang dibangun atas perintah King Mongkut (Rama IV)

Miniature Angkor Wat

4. The Royal Pantheon, kuil yang dibangun atas perintah kekuasaan dynasty Chakri.



The Royal Pantheon

Beres berputar di Golden Palace, terakhir masuk museum. Isi museumnya sisa-sisa potongan dari kuil yang sudah rusak atau lapuk. Ada satu pojokan yang bikin gue bergidik .... hiiiii ... something strange here .... gue ngga kesana deh ah ... mendingan dilewatin aja.



Setelah makan bekal siang di Golden Palace, gw lanjut jalan lagi menuju Wat Po. Wuiiih panasnya memang menyengat. Lihat kiri – kanan ... ehhh ketemu juga deh sama tukang tipu. Untungan sebelum kesini gw udah baca guidance. Dia bilang Wat Po tutup (padahal sebebnarnya ngga tutup)  jadi dia menawarkan gw untuk ke tempat lain. Hiiii untung sebelum explore Bangkok baca info dari internet dulu, jadi gw  ngga terjebak !! Bisa-bisa gw diporotin sama dia. Gw jalaaaaan aja terus. Dia sempet ngikutin dan maksa-maksa siih tapi gw cuek ajah deh. Sambil lihat-lihat jualan pinggir jalan menuju Wat Po. Malahan dapet figurine dari metal yang dijual murah. Yipeeee. Beli 6 hanya 120 baht. Akhirnya orang itu kesel sendiri kali. Hahaha. Akhirnya dia pergi juga. Pfuuiih ... Serem tapi gw cukup pede, secara kiri kanan masih banyak orang. Mungkin karena pergi sendirian yaaa, dan sebaiknya jangan jalan sendiri. Tapi laaah ngga jaminan juga koqs kalau kita jalan ramai-ramai. Tetep aja kalau apes yang kena tipu juga. Kalau menurut gw, yang penting banyak-banyak cari info aja tentang safety di Negara yang akan kita kunjungi. Wajar deh, yang namanya turis pasti banyak yang mau ngadalin.

About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.