02 - TURKEY

Bağdat Caddesi - Istanbul

Sabtu, 26 Oktober 2013

Bağdat Caddesi Tempo Dulu

Bağdat Street
Bağdat Street (Turkish: Bağdat Caddesi) adalah jalan yang terkenal di Istanbul Asia/Anatolia. Panjangnya sekitar 14 km dan hampir sejajar dengan garis pantai Laut Marmara.

Pada masa Bizantium dan Ottoman, Bağdat  Caddesi adalah jalan yang menghubungkan Konstantinopel dengan Anatolia. Jalan ini digunakan untuk perdagangan dan keperluan militer. Aslinya, jalan ini bermula dari Üsküdar dan melewati Haydarpasa Meadows, hingga Kızıltoprak. Selama masa pemerintahan Sultan Abdul Hamid II (1876-1909), beberapa pasha, pejabat tinggi dan pedagang kaya,  ingin sedekat mungkin ke istana sehingga mereka membeli lahan di sekitar Bağdat Caddesi. Beberapa peninggalan rumah mewah chalet kayu masih ada saat ini.Sampai tahun 1960-an, daerah sekitar Bağdat Caddesi digunakan sebagai resort musim panas terutama oleh kalangan menengah atas.


Lalu lintas di jalan ini satu arah dan penuh dengan pusat perbelanjaan, department store, toko-toko merk terkenal, restoran masakan internasional dan lokal, pub dan cafe, dealer mobil mewah dan lembaga perbankan. Model tokonya seperti rumah-rumah. Satu rumah, satu toko. Kalau di Istanbul Europe, ada juga jalan yang seperti ini namanya Istiklal Street.

Pada waktu musim panas dan pada akhir pekan, banyak orang-orang yang window shopping, menikmati suasana atau nongkrong di café-café. Jam makan siang kita mampir ke Hello Kitty Café. Lucuuu banget perlengkapannya. Alas makan, piring, gelas, tissue dan gula sachet-nya pun bergambar Hello Kitty pink gitu. Kalau rasa makanannya siih biasa ajah dan porsinya besar as usual. Nempel dengan café ini, ada jualan pernak pernik Hello Kitty, 2 lantai. Lucuuuuu …. Tapi masih kalah besar sama yang di Atasehir depan Paladium Mall.




About HappyFeet

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.