06 - MAROCCO

Unlock the World, Casablanca here we come.

30 September 2016
Dini hari ini suhu menunjukkan 11oC, brrr ... Lumayan dingin. Masih ada kerjaan rumah yang harus diberesin sebelum brangkat ke Bandara Ataturk jam 7 nanti. Bikin susu coklat panas sambil masukin piring kotor ke dishwasher, jemur pakaian, pilah pakaian yang habis disetrika semalam, dan cek bawaan di koper. Hehe ... Baru nih jalan ngga banyak bawaan yang dibawa.
Jam 7 lebih dikit kita jalan, alhamdulillah lancar perjalanan ke bandara. Sejam juga udh sampe. Awalnya mau sewa Airport Transfer tapi pikir-pikir bakalan repot dan jatuhnya lebih mahal daripada kita inepin mobil 3 hari di parkiran Ataturk. Jadi sambil nunggu, kita sempet sarapan dulu.

Jam 10.55 kita jalan dengan Turkish Airlines dan perjalanan ke Marocco memakan waktu 4 jam 21 menit. Di atas, nontoooon aja biar ga inget sama goyangnya pesawat. Hehe. Masih belom ilang aja nih takutnya . Sejam terakhir baru deh baca info-info Casablanca dan Rabat yang udah diprint semalam. Perbedaan waktu dengan Istanbul 3 jam. Sedikit info, Marocco adalah sebuah kerajaan (ⵜⴰⴳⵍⴷⵉⵜ ⵎⵓⵔⴰⴽⵓⵛ (Tageldit-N-Murakusy , bahasa barber),  المملكة المغربية (Al-Mamlakatu-L-Maghribiya, bahasa Arab) yang memiliki garis pantai yang sangat panjang di Samudera Atlantik.
Kita mendarat di Casablanca, kota terbesar di Marocco. Di bandara Mohammed V Int'l Airport, antrian imigrasi kayak uler. Panjaaang amat. Hiks pegel mana kebelet pula. Jadi bikin kesel kalau liat orang yang suka nyelak antrian. Setelah sekian lama berdiri, akhirnya sampe juga deh depan counter imigrasi dan untuk warga negara Indonesia kita ngga perlu bayar visa. Bandara Mohammed biasa aja, ngga jauh deh sama Soekarno Hatta. Di bandara ada penawaran free simcard inwi. Lumayan, kita isi pulsa 40 dirham (sekitar TL 12) udah dapet 8 jam telpon, 5 gb internet, 1000 SMS. Yess ... At least HP nyala dan bisa saling komunikasi. Sedikit masalah soal bagasi, pegangan koper Fira patah. Tapi mau ngurus kemana juga bingung. Bahasa mereka kalau ngga Perancis yaa Arab.  Yaaa sutrahlah ....
Begitu sampe luar bandara, perbedaan suhu langsung berasa. Suhu Marocco siang ini 31oC, langsung dong kita kupas jaket. Haha ... Mana aku pake celana thermal pula dari Istanbul. Yang jemput kita udah siap depan bandara, siap anter kita ke Barcelo Casablanca Hotel. Jauh juga sekitar 50 menit deh. Di perjalanan kita melewatin tanah yang lagi diolah buat pertanian, rumah-rumah yang pagar tembok tinggi, dan apartment putih-putih.

OLD MEDINA
Sore kita jalan kaki ke Old Medina, kata receptionist ngga jauh hanya 20 menit jalan kaki. Yo wesss akhirnya kita jalan kaki menyusuri jalan Boulevard d'Anfa, jalan utama di kota Casablanca. Sejujurnya, kotanya ngga terlalu bersih. Kita jalan di trotoar, sering nutup hidung. Hehe ... Banyak bau pesing dan kadang bau sampah. Tapi it's oke laah. Namanya juga jalan-jalan. Nikmatin aja 😊

Mural di Old Medina
Old Medina adalah kota tua yang dikelilingin benteng. Posisinya di sebelah utara Casablanca persis di pinggir Samudera Atlantik Utara. Kota tua ini didirikan oleh bangsa Portugis pada abad ke-15 M  di lokasi bekas sebuah desa bernama Anfa (bangsa Barber) di abad ke-7 SM. Kota tua ini merupakan tempat singgah bagi para perompak yang menyerang kapal-kapal datang dari pantai utara Maroko.

Pada tahun 1755, sebagian besar kota hancur oleh gempa dan pada paruh abad 18 direnovasi oleh Sultan Sidi Mohammed III dan kota ini  nama Dar el Beida (bahasa Arab yang berarti White House atau rumah yang putih ). Saat ini, Casa Branca atau Casablanca dimanfaatkan sebagai pelabuhan kota dagang penting dan Port of Casablanca adalah port terbesar di Afrika.
Old Medina
Di dalam Old Medina, banyak gang-gang sempit seperti labirin. Kiri kanan jualan semua. Pasar tumpah, hiruk pikuk. Bener kata orang, hati-hati nyasar. Haha .. And then we're get loss too. Liat kiri kanan, pasaaar sepanjang jalan.  Fira mulai gelisah 😁. Sementara gw asyik aja nikmatin suasana hiruk pikuk meski ada sedikit khawatir buat cari jalan keluar.
Begitu nemu gang sempit dan hari udah mulai gelap. Jleb ... Berenti jalan kita. Check Recheck google map. Bener sih jalan yang kita ambil, hanya memang sempit dan gelap aja. Ada satu orang baik yg nunjukkin kita jalan. Dia baru kelar sholat magrib dan bisa bahasa Inggris. Dia bilang bisa lewat jalan itu, tapi kita harus hati-hati. Kita ngga berani ambil risiko akhirnya kita balik lagi ke jalan awal. Duuuh maak ... 😭😭. Jalan lagiiii ... Muter deh ah akhirnya. Tapi jadi ada pengalaman get loss in Old Medina. Gapapaaaa ... Namanya juga adventure. Nyasar mah kudu. Haha. Kalo inget suasananya memang kurang enak dan agak scary karena udh malam. Bad timing, tapi begimana lagi. Besok itinerary kita mau ke Rabat.
Clock Tower
Globe Terrestre
Begitu keluar Old Medina dan kembali ke main road. Kita nyusurin jalan Boulevard Hassan I, akhirnya kita ketemu deh main gate nya Old Medina. Akhirnya .... Yang dicari sejak tadi ketemu juga. Haha dasar sotoy ... Bukannya cari pintu gerbang utama dulu malah masuk lewat gerbang kecil yang lain. 😜.  Depan main gate Old Medina ada clock tower dan Globe Terrestre. Kita take some pics there. Trus kita jalan kaki ke Restaurant La Sqala. Lumayan jauh juga. Haha. Tambah ngomel deh Fira. Padahal kalau dari tengah pasar diterusin, itu keluarnya udah di pinggir Port of Casablanca tapi khan kesepakatan jalan balik lagi. Walhasil muter deh. Muterin benteng.
LA SQALA

Tempat ini dulunya adalah benteng pertahanan yang posisinya masih di Old Medina bagian utara yang menghadap langsung ke Samudera Atlantis Utara. Sisa-sisa meriam masih ada disana. Sekarang tempat ini sudah berubah menjadi restaurant yang cantik.
Makanannya juga enak. Kita makan makanan asli Morocco, Beef Tangine (makanan yang dimasak di clay pot), Fish Tangine, Brochettes (Kebab Morocco) dan Briouats (snack manis yang dibuat dari fillo pastry isi almond). Termasuk murah juga makan di Marocco dibanding Istanbul.
Pas di luar restaurant, biasa lah. Masih foto-foto aja khan. Abisan lucu banget pintunya. Rupanya petugas yang jaga depan merhatiin kita. Hahaha. Dia akhirnya ngedeketin kita dan ngajak kita masuk ke pintu itu. Wow .. Itu ternyata pintu buat ke rooftop.  Tangganya banyak dan muter-muter. Pas sampe atas, keliatan deh Port of Morocco, Old Medina dan La Sqala dari atas. Ngga berani lama-lama , kasian petugasnya ninggalin tempat jaganya. Nice view from top of Sqala.

Port of Casablanca

Pulang ke hotel naik Petit Taxi. Hanya gitu lah ... Mereka ga mau pake argo. Taxi disini juga maksimal 3 orang penumpang. Jadi kita harus ambil 2 taxi. Ongkos 2 taxi itu 70 dirham (sekitar 23 TL).